F.A.Q.

Pertanyaan yang umum ditanyakan seputar kucing,
makanan dan perawatannya.

Seputar Produk


Bagaimana sebaiknya saya menyimpan Friskies, dan berapa lama maksimal penyimpanannya?

Yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan makanan terutama untuk Wet Food adalah simpan kemasan yang sudah dibuka di dalam lemari es, maksimal selama 3 hari. Pindahkan sisa Wet Food ke dalam wadah kedap udara sebelum disimpan ke dalam lemari es & buang sisanya setelah tiga hari.


Apa nutrisi utama yang terkandung dalam Friskies dan pengaruhnya terhadap kucing saya?

Kucing membutuhkan makanan dengan kandungan protein tinggi, terutama kucing di usia muda. Paling tidak dua puluh lima persen dari asupan kalori kucing harus berasal dari protein berbasis daging. Selain itu, kucing juga membutuhkan serat, lemak, mineral dan vitamin (terutama vitamin A & C) untuk pertumbuhannya.


Apa indikasi Friskies yang saya miliki sudah tidak layak dikonsumsi?

Indikasi makanan yang sudah tidak layak terutama dari perubahan warna, bau dan 'sense' kucing lebih tajam dari manusia untuk menolak makanan yang menurutnya sudah tidak layak dimakan.


Apa perbedaan antara Wet dan Dry Food?

Perbedaan keduanya bisa dilihat dari segi komposisi nutrisi, tesktur, kandungan air. Produk Dry Food lebih padat akan nutrisi, sedangkan Wet Food memiliki kandungan air yang dapat membantu memenuhi kebutuhan air si Kucing.


Apa perbedaan makanan untuk kitten dan kucing dewasa?

Cat Food untuk kitten memiliki protein yang lebih tinggi daripada kucing dewasa karena di masa pertumbuhannya, kitten memerlukan asupan protein yang lebih seperti EPA, DHA, LIP dan lainnya. Bentuk makanan kitten juga biasanya berbentuk kibble. Kible mudah dimakan karena mudah leleh bila terkena air liur kucing. Selain itu, kibble berfungsi juga untuk membersihkan gigi. Kucing dewasa biasanya memiliki asupan protein yang lebih rendah dan lebih mengutamakan kesehatan bulu.


Bahan apa yang paling banyak berpengaruh pada alergi kucing?

Makanan yang biasanya memicu alergi adalah makanan dengan kandungan protein terlalu tinggi, bahan pengawet dan perasa yang tidak sesuai dengan kondisi fisik kucing. Cara penyimpanan makanan juga akan mempengaruhi alergi kucing, seperti makanan yang terlalu lembab akan menimbulkan jamur.


Susu apa yang aman untuk kucing?

Yang harus diperhatikan pada susu kucing adalah laktosa atau gula. Sistem pencernaan kucing tidak memungkinkan untuk mencerna zar tersebut dan akan menyebabkan diare. Sebaiknya minta rekomendasi dari Vet atau teman yang sudah terbiasa memberikan susu yang cocok untuk kucing.


Apakah kucing bisa makan snack untuk manusia?

Usahakan tidak memberi atau tidak terlalu sering memberikan makanan/snack manusia untuk kucing. Alasannya adalah kandungan nutrisi yang ada tentu berbeda untuk manusia dan kucing. Makanan manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi para kucing. Ikan mentah juga tidak boleh asal diberikan untuk makanan kucing karena daging mentah memiliki kemungkinan mengandung toksoplasma.


Seberapa banyak porsi makanan untuk kucing saya?

Pada umumnya, secara rutin harus diberi makan dua kali sehari, saat pagi dan sore hari untuk kucing dewasa. Hal ini akan membangkitkan nafsu makannya dan mengatur jumlah porsi. Untuk kitten atau kucing yang masih dalam masa pertumbuhan, dapat dilakukan dengan cara menyediakan selalu makanan di tempat makan kucing. Cara ini memungkinkan agar pada saat kucing ingin makan, makanan sudah tersedia di tempat makannya. Tapi perlu dimonitor untuk metode ini untuk menghindari asupan berlebih.


Apakah kucing saya hanya perlu makan 1 jenis produk atau harus bervariasi?

Karena kucing cenderung bosan dalam suatu hal, terutama makanan, perhatikan gelagatnya saat memberikan makananan. Saat dia mulai enggan memakannya, coba mix dengan rasa lain atau produk jenis lainnya.


Apakah aman untuk kucing saya berganti makanan kucing dengan merek yang berbeda?

Jika ingin mengganti produk makanan lain, yang paling utama adalah perhatikan kandungan nutrisi yang ada. Jika sesuai dengan kebutuhannya, tidak akan ada masalah. Pastikan juga pergantian makanan dilakukan secara bertahap.


Seputar Kucing


Seberapa bahayakah over weight untuk kucing saya?

Kegemukan akan menyebabkan mereka malas bergerak karena berat badannya yang membebani sehingga semangat berkurang, lemak yang melimpah akan menjepit pembuluh darah yang ada dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan.


Bagaimana cara mengalihkan/transisi Cat Food untuk kucing saya?

Kucing tidak bisa langsung diubah menu makannya, apalagi jika itu adalah makanan favoritnya. Yang perlu diperhatikan dalam transisi makanan kucing adalah, campurkan sedikit demi sedikit agar dia mulai terbiasa dengan menu barunya. Sampai akhirnya menu baru memenuhi tempat makannya.


Alergi makanan biasanya disebabkan oleh apa dan bagaimana ciri-cirinya?

Alergi makanan bisa menyerang kucing segala umur, ras. Umumnya alergi makanan datang pada usia muda seperti di umur 5 bulan, antara 2 dan 6 tahun dan usia senior di umur 12 tahun. Kucing gatal-gatal jangan di asumsikan bahwa dia kena alergi, kita harus mempertimbangkan kemungkinan penyakit lainnya seperti alergi debu, alergi gigitan kutu, masalah parasit dalam pencernaan seperti cacingan, infeksi bakteri, dan masalah jamur yang gejalanya sama yaitu gatal-gatal. Jika gatal-gatal tidak hilang selama 2 minggu, segera konsultasikan dengan vet.


Bagaimana cara sehat menurunkan berat kucing yang over weight?

Untuk menerapkan diet sehat pada kucing, yang bisa dilakukan adalah beberapa hal ini. Memberi makan sesuai dengan aktivitas mereka. Perhatikan nutrisi dan gizi yang terkandung di makanannya. Hindari mereka dari kecanduan makanan, terkadang karena terlalu sayang owner akan memanjakan kucingnya dengan memberikan makanan berlebihan.


Apakah kucing betina yang sedang menstruasi harus dipisahkan dengan yang lain?

Ciri-ciri kucing menstruasi adalah, mengeong dengan keras, gelisah berjalan kesana kemari & nafsu makan berkurang. Sebaiknya kucing dipisahkan karena selama menstruasi mereka akan lebih sensitif dengan keadaan sekitar.


Berapa lama periode menstruasi untuk kucing?

Kucing yang sehat biasanya menstruasi saat usia 5-9 bulan dan itu adalah menstruasi pertamanya. Periode menstruasi biasanya 1-3 minggu.


Apa pencegahan yang bisa dilakukan supaya kucing tidak berkutu?

Pertama kali Anda melihat gejala serangan kutu, segera mandikan kucing dengan sampo khusus untuk kutu kucing. Selain memandikan kucing, cuci pula selimut atau alas yang biasa digunakan kucing. Perhatikan kebersihan lingkungan rumah atau di sekitar kucing untuk menghindarinya dari serangan kutu.


Kucing ternyata bisa kena diabetes. Apa ciri-cirinya kucing menderita diabetes?

Kucing yang menderita diabetes biasanya akan mengalami komplikasi Neuropati Diabetik, salah satu gejalanya adalah ketika kucing berdiri atau berjalan dengan menggunakan bagian betis yang menyentuh tanah. Hal itu karena mereka tidak merasakan sakit, panas, dingin, atau tekanan di kaki akibat matinya sensor saraf. Bila kaki mereka terluka, mereka tidak menyadarinya sehingga berkembang menjadi infeksi.


Apakah semprotan nyamuk aman untuk kucing jika kucing menghirup bekas semprotan?

Asal tidak berlebihan pada pemakaiannya, tidak akan mempengaruhi kucing. Akan lebih baik apabila menggunakan obat nyamuk elektrik untuk menghindari kemungkinan semprotan obat nyamuk mengenai makanan kucing.


Lain-lain


Apa yang harus dilakukan owner jika kucing tidak mau makan?

Pertama-tama, cari dulu penyebabnya. Kucing kehilangan nafsu makannya saat sakit (terutama penyakit mulut), bosan dengan makanan rutin, atau ada benda asing di dalam perutnya. Untuk membujuknya makan, Anda bisa menyuapnya, menyodorkan makanan di dekat hidungnya, atau mengganti menu makanannya. Jika tidak bisa diatasi, segera bawa ke Vet terdekat.


Apakah kucing bisa stress?

Sangat mungkin seekor kucing mengalami stress. Banyak faktor yang bisa menimbulkan stress pada kucing seperti kurangnya perhatian dari owner, butuh pasangan, kesehatan. Peran owner sangat perlu untuk memperhatikan hal-hal yang menjauhkan kucing dari stress. Beberapa tanda kucing stress, menjadi agresif terhadap manusia maupun hewan lainnya, sering bersembunyi di tempat yang gelap, nafsu makan menurun dan buang kotoran sembarangan sementara biasanya kucing tersebut tahu dimana seharusnya membuang kotoran.


Apakah belek di mata kucing hal yang biasa?

Sama halnya seperti manusia, kucing juga memiliki kotoran mata dalam jangka waktu tertentu. Yang harus diperhatikan adalah, owner harus rutin membersihkannya agar kucing terhindar dari penyakit mata seperti belek.


Apakah normal jika dia galak ke kucing lain?

Perilaku ini biasanya timbul karena owner terlalu memanjakannya, sehingga menimbulkan sifat insecure dari kucing yang takut ownernya akan 'berpaling' ke kucing lain. Sering membawanya keluar rumah akan jadi sarana yang tepat untuk melatihnya bersosialisasi.


Bagaimana supaya kucing tidak merusak furnitur di rumah?

Mencakar suatu benda adalah sifat alami kucing yang tidak bisa 'dilarang'. Cara menyiasatinya adalah membuat atau membeli 'tempat mencakar pribadi', tetapi ini akan memakan waktu untuk mendorong kucing Anda menggunakannya. Latih secara bertahap agar kucing terbiasa mencakar benda tersebut. Yang paling penting adalah, selalu kunci ruangan dengan benda-benda penting.


Apakah kucing perlu sosialisasi dengan kucing lain?

Hubungan sosial yang baik akan menjauhkan kucing dari stress. Untuk melatih keberaniannya beradaptasi dengan lingkungan eksternal, sering-seringlah membawanya jalan-jalan dan kenalkan dengan banyak hal seperti anak-anak, kucing lain dan hewan lainnya.


Apakah kucing stress jika ditinggal lama dengan ownernya?

Jika Anda bepergian dalam waktu lama, kucing dapat tetap dibiarkan berada di rumah tetapi Anda harus menyediakan seseorang untuk datang paling tidak sekali sehari untuk mengecek keadaan kucing Anda dan memberikan belaian sayang padanya. Tentu saja Anda juga dapat membawa serta kucing Anda, tetapi perlu diingat bahwa perubahan lingkungan dapat menyebabkan kucing Anda stres dan kemungkinan dapat memunculkan berbagai perilaku 'aneh' yang tidak biasa dilakukan oleh kucing Anda.


Apa yang harus saya lakukan saat kucing saya tidak mau makan sama sekali?

JIka kucing enggan makan, ada baiknya Anda mencoba memberi variasi rasa untuk kucing Anda. Selain itu juga anda bisa memberikan Wet Food agar dapat menggugah selera makan kucing Anda.


Jenis permainan apa yang umumnya disukai kucing?

Kucing (terutama anak kucing) sangat menyukai mainan atau benda-benda yang bergerak, mencicit, atau berlompatan. Selain itu, kucing suka mengejar sesuatu misalnya Anda bisa melemparkan bola pingpong untuk dia kejar. Benda yang menggantung juga akan menarik perhatian kucing.


Bagaimana jika saya ingin melakukan kombinasi Wet dan Dry Food?

Dry Food akan memberikan nutrisi yang optimal untuk kucing Anda. Namun Wet Food juga tidak kalah penting, selain untuk memberi nutrisi dan air juga dapat digunakan untuk membangkitkan selera makan kucing karena aromanya yang lebih tajam.


Jika saya meninggalkan kucing saya terlalu lama, apa perubahan yang akan terjadi pada mereka?

Tergantung berapa lama Anda akan pergi, Umumnya, kucing akan merasa sedih ketika lingkungannya berubah atau orang-orang yang dicintainya tidak ada. Kucing menyukai kegiatan rutinnya sehari-hari dan lingkungan di mana ia biasa tinggal. Jika Anda akan bepergian pada saat akhir pekan, yang terbaik adalah meninggalkan cukup makanan dan minuman untuk 2 hari dan membiarkan kucing Anda tetap berada di rumah. Jika Anda harus bepergian dalam waktu yang lama, titipkan pada pet shop yang sudah direkomendasikan teman atau Vet.


Berapa kali idealnya saya harus membawa kucing saya grooming dalam sebulan?

Sebenarnya tidak ada anjuran khusus berapa kali kucing harus dimandikan, tapi ada baiknya paling tidak sekali dalam sebulan. Terutama apabila aktivitasnya lebih banyak di luar rumah dan mempunyai bulu lebat. Grooming akan membersihkan kotoran di tubuh kucing yang bisa memicu tumbuhnya jamur.


Hal-hal dasar apa dalam grooming yang bisa owner lakukan sendiri di rumah?

Jangan memaksa kucing saat takut terkena air, hal ini akan menimbulkan stress untuk si Kucing. Lakukan perlahan dengan memercikkan sedikit air atau membasuhnya menggunakan handuk lembut khusus. Sebelum dimandikan, periksa bagian-bagian di seluruh tubuh kucing untuk kemungkinan ada yang sakit atau tumbuh jamur. Ingat-ingatlah bagian yang sakit tersebut, karena harus terkena shampoo dan disikat pada saat dimandikan.