Yuk, Rawat Kucing Kesayanganmu Setelah Melahirkan!

Rate artikel ini
0 Votes
Yuk, Rawat Kucing Kesayanganmu Setelah Melahirkan!

Yang bisa kita lakukan, sebagai langkah awal perawatan Si Kucing Kesayangan pasca melahirkan adalah membuatnya senyaman mungkin sembari mengamati munculnya permasalahan yang mungkin ada setelah proses melahirkan.

Nah, FRISKIES mau berbagi beberapa tips yang bisa Furriends lakukan nih untuk menjaga kesehatan induk Si Kucing Kesayangan yang baru melahirkan dan anak-anaknya.

 

Berikan ruangan yang tenang

Pasca melahirkan, Induk kucing dan anak-anaknya yang baru lahir membutuhkan tempat yang tenang dan hangat. Tempatkan mereka di bagian rumah yang terpisah, misalnya kamar yang tidak digunakan, dan pastikan suhu ruangan tersebut cukup hangat. Sebisa mungkin, jauhkan mereka dari keramaian. Ruangan yang tenang akan mencegah stress pada induk Si kucing kesayangan.

Usahakan Si Kucing Kesayangan selalu berdekatan dengan anak-anaknya

Lakukan hal ini agar induk Si kucing kesayangan bisa membersihkan sisa-sisa plasenta yang menempel pada anaknya. Untuk jadi catatan, biasanya kalo masih ada sisa plasenta pada anak Si kucing kesayangan, induknya tak mau mendekat lho, Furriends. Kamu juga bisa ikut membantu induk untuk membersihkan Si kucing kecil lho.

Perhatikan Kebersihan Tubuh Anak Kucing

Kenapa kebersihan anak Si kucing kesayangan penting? Karena, di beberapa bagian tubuhnya, terutama di area tali pusar dan pembuangannya sering kotor dan menjadi tempat kuman atau bakteri berkembang. Kalo dibiarkan, hal ini akan menimbulkan kuman sehingga anak Si kucing kesayanganmu mudah sakit.

Menyediakan selimut atau bahan lainnya untuk menghangatkan tubuh Si Kucing

Setelah badan anak Si kucing kesayangan bersih, cobalah memberi media untuk menghangatkan badan induk dan anak kucingmu. Furriends bisa menggunakan selimut bekas, selendang, atau handuk bersih. Selain itu, Furriends bisa menempatkan mereka di tempat yang beralaskan kain serta diberi lampu pijar agar kehangatan tubuhnya tetap terjaga. Suhu yang terlalu dingin adalah hal yang berbahaya untuk anak kucingmu yang baru lahir.

Melatih pergerakan Si Kucing Kesayanganmu

Nah, kalo anak kucingmu sudah berusia 3 minggu, selain memberi susu formula khusus untuk kucing (bisa kamu dapatkan di pet shop atau konsultasikan dengan vet terdekat) dan makanan khusus untuk anak kucing, Furriends bisa ikut membantu melatih otot dan syarafnya. Caranya, gunakan bandul atau bola agar mereka tertarik untuk bermain. Selain itu, Furriends juga bisa sekedar membelai atau mengelus dengan lembut agar anak kucingmu merasa lebih nyaman.

Itu tadi tips-tips dari FRISKIES untuk Si kucing kesayangan di rumah yang baru melahirkan dan anak-anaknya. Selain hal-hal di atas, Furriends harus selalu memantau nih, perkembangan atau perubahan yang ada pada induk dan anak-anak kucingmu. Kalo terjadi sesuatu yang di luar kendalimu, segera hubungi vet terdekat. Semoga anak-anak kucing baru di rumah selalu sehat dan memberikan senyum untuk kamu yah, Furriends.

 

Baca juga : Musim kawin pada kucing? Ini tanda-tandanya!