Waktunya Mandi!

Rate artikel ini
0 Votes
Waktunya Mandi!

Sebenarnya sesi memandikan kucing bisa berjalan ‘damai’ kalau kita tahu langkah-langkah yang tepat saat memandikan kucing kesayangan kita. Pilih waktu yang sesuai untuk mulai memandikan kucing. Pastikan kucing dalam keadaan rileks dan perut kenyang. Waktu setelah makan bisa jadi saat yang tepat. Nah, berikut ini adalah cara memandikan kucing yang bisa kamu terapkan saat memandikan si kucing kesayanganmu.

Saat memandikan kucing, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan air hangat dan shampoo khusus kucing. Siapkan air hangat di wastafel atau ember mandi dengan kedalaman 7-8 cm, jangan terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Pastikan juga tingkat kehangatan air tidak kurang atau lebih. Untuk shampoo yang akan digunakan, sebaiknya kamu meminta rekomendasi dari cat lovers lainnya dan Vet yang ada di daerahmu. Hal ini untuk menghindari kucing dari alergi akibat penggunaan produk yang tidak cocok dengan keadaan kulitnya.

Kedua, gunakan botol penyemprot untuk membasahi tubuhnya. Sama halnya dengan manusia, kucing akan merasa kaget jika kita langsung menyiram kepalanya, selain hal ini tidak dianjurkan karena berhubungan dengan syaraf. Basahi kepala kucing dengan sprayer atau lap basah secara perlahan. Jangan paksakan ketika kucing terlihat tidak nyaman atau ketakutan, lakukan perlahan sembari mengajaknya bermain dengan membelainya lembut. Cuci kucing dengan sedikit shampoo yang dicampur dengan air pada bagian leher, badan, kaki, perut, dan ekornya. Mulailah dari leher menuju bagian ekor dengan memijat secara lembut, sehingga kucing merasa tenang dan tidak berontak saat dimandikan. Perlu diperhatikan agar mata, hidung, mulut, dan telinga si kucing harus terhindar dari shampoo. Untuk meminimalkan air masuk ke dalam telinga, gunakan kapas yang berbahan lembut. Jangan lupa setelah selesai memandikan, lepas kembali kapasnya. Penutupan telinga dengan kapas juga bisa membuat kucing lebih tenang karena tidak mendengar suara bising di sekitarnya.

Ketiga, setelah selesai memandikan, bilas dan keringkan tubuhnya dengan handuk. Ambil handuk kering dan tekan dengan lembut ke badan kucing, selimuti kucing dengan handuk, gosok secara perlahan dan lembut seolah-olah kamu sedang memijatnya. Ganti dengan handuk kering yang lain saat handuk sudah terlalu basah. Lakukan hal ini sampai badan kucing benar-benar kering. Sisir bulu kucing ke arah yang sama dengan tumbuhnya.

Nah, tidak terlalu sukar bukan memandikan kucing kesayanganmu tanpa perlu ada “kehebohan”?

Selamat mencoba, Furriends!

 

Baca juga : Buat kucing merasa nyaman sebelum mandi!