Trik Main Anti-Bosan untuk Kucingmu

Rate artikel ini
0 Votes
Trik Main Anti-Bosan untuk Kucingmu

Hup! Hup! Kucing kesayanganmu sedang asik melompat ke sana ke mari? Wah, tandanya ia sedang mood bermain nih. Bermain punya banyak manfaat untuknya lho, mulai dari menjaga kesehatan sampai mengembangkan skill berburunya. Nah, sebelum mulai mengajaknya bermain, ada baiknya kamu simak dulu 'aturan main' berikut ini supaya ia tidak cepat bosan atau bahkan bad mood!

1. Tentukan lama waktu bermain kucingmu. Daripada mengajaknya bermain sekali dalam waktu lama, sebaiknya bagi waktu bermain menjadi beberapa sesi dalam sehari. Pola bermain seperti ini menyerupai pola aktivitas normal kucing, jadi ia pasti akan menyukainya.

2. Sediakan berbagai jenis mainan agar ia tidak cepat bosan. Ada banyak benda yang bisa kamu jadikan mainan untuk kucingmu, mulai dari boneka sampai bola yang terbuat dari gumpalan kertas. Agar ia tetap semangat, kamu bisa mencoba permainan yang berbeda di tiap sesinya. Jika di sesi pertama kamu sudah mengajaknya bermain kejar bola, di sesi berikutnya mungkin kamu bisa mengajaknya bermain di cat tower miliknya.

3. Biarkan kucing kesayangan menangkap mainan di akhir permainan. Selain sebagai penanda akhir sesi bermain, hal ini juga penting untuk mencegah kucing merasa bosan atau bahkan kapok diajak bermain olehmu. Wah, jangan sampai ya!

4. Simpan mainan setelah selesai bermain di tempat yang tidak terjangkau olehnya. Beberapa mainan bisa membahayakan kucing kesayangan jika tidak disimpan dengan baik, misalnya mainan berbentuk pancing bertali panjang atau serpihan mainan yang mungkin tertelan.

Kelima, jangan paksa kucing untuk bermain. Kucing juga punya mood, sama seperti kita. Sebelum mengajaknya bermain, cek dulu apakah kucingmu sedang mood diajak bermain atau tidak. Berikut adalah tanda-tanda kucing mau diajak bermain:

  • Pupil mata membesar

  • Memain-mainkan benda

  • Merunduk bersiap-siap menerkam

  • Mengeong

  • Bergerak lincah

Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan bagi kucing di segala usia. Mengajaknya bermain bukan hanya membuatnya senang, tetapi juga membantumu mengenal lebih jauh kepribadian kucing kesayangan sekaligus mempererat ikatan antara ia dan kamu sebagai pemiliknya.

 

Baca juga artikel lainnya yang bakal bikin kami lebih dekat dengan kucing kesayangan di sini.