Tips memotong kuku kucing kesayanganmu

Rate artikel ini
0 Votes
Tips memotong kuku kucing kesayanganmu

Saat kamu mengeluarkan alat potong kuku, wussh! Tiba-tiba si kesayangan langsung kabur bersembunyi di bawah sofa. Yap, sesi potong kuku terkadang jadi kurang menyenangkan bagi si kesayangan. Padahal ada kalanya kuku kucing perlu dipotong sedikit agar ia tidak melukai dirinya sendiri, pemilik, atau pasangannya jika ia hendak dikawinkan.

Membawa kucing kesayangan ke tempat grooming adalah salah satu solusi yang umum, namun sebenarnya kita bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Supaya sesi potong kuku kucing kesayangan berjalan lancar, yuk simak dulu tips berikut ini.

1. Alat Potong Kuku

Gunting kuku manusia atau alat potong kuku khusus hewan? Apapun yang kamu pilih, sebaiknya pilih alat yang paling nyaman kamu gunakan. Jika kucingmu merasa asing, sebaiknya biasakan ia dengan suara dan cara kerja alat potong kuku sebelum mulai memotong kukunya. Kamu bisa meletakkan cemilan di atas alat potong kuku, atau mensimulasikan sesi potong kuku dengan memotong benda lain seperti spaghetti kering.

2. Buat Kucing Merasa Nyaman

Lakukan sesi potong kuku saat kucing merasa rileks atau bahkan mengantuk, misalnya waktu setelah makan. Letakkan kucing kesayangan di pangkuanmu dan berikan ia belaian yang menenangkan. Ruangan yang tenang dan tertutup tanpa kehadiran hewan lain bisa membantunya merasa rileks.

3. Sentuh Telapaknya

Perlahan-lahan pegang salah satu kaki kucing dengan jari-jarimu. Pijat bagian telapaknya dengan lembut hingga kukunya terlihat. Kamu bisa mengulangi hal ini setiap hari agar ia terbiasa, jangan lupa untuk memberi FRISKIES Party Mix setelahnya sebagai reward.

4. Ketahui Batas Daging dan Kuku

Hal terpenting saat memotong kuku kucing adalah mengetahui bagian mana yang boleh dan tidak boleh dipotong. Bagian kuku berwarna pink memiliki saraf dan pembuluh darah, jadi jangan sampai kamu memotong bagian ini. Potong hanya pada bagian berwarna putih di bagian ujung kuku saja.

Setelah berhasil memotong kuku di satu kaki, perhatikan moodnya. Lanjutkan ke kaki lainnya hanya jika ia masih merasa nyaman.

Sebagai informasi, sesi potong kuku bisa kamu ulangi tiap 2 minggu hingga satu bulan sekali. Ada baiknya jika kamu memperkenalkan rutinitas ini sejak ia masih kecil, sehingga ia terbiasa dan sesi potong kuku jadi lebih mudah dan bebas ‘drama’.

 

Baca juga : Ini dia kenapa kucing senang bersembunyi!