Tips Memilih Tempat Penitipan Kucing: Perhatikan 7 Hal Penting Ini!

Rate artikel ini
0 Votes
Tips Memilih Tempat Penitipan Kucing: Perhatikan 7 Hal Penting Ini!

Momen liburan selalu jadi momen yang paling ditunggu buat kamu yang hobi travelling. Hmm, tapi siapa yang akan menjaga dan mengurus kucing kesayangan saat kamu meninggalkannya berhari-hari? Jika di rumahmu ada orang yang bisa dipercaya untuk menjaga kucing kesayangan, tentu ini tidak jadi masalah. Bagaimana kalau kamu akan berlibur sekeluarga?

Furriends, tempat penitipan hewan bisa menjadi salah satu solusi nih. Saat ini sudah banyak tempat penitipan kucing yang siap menjaga kucing kesayanganmu selama kamu bepergian. Fasilitas yang ditawarkan pun beragam lho, mulai dari yang standar seperti memandikan, memberi makan dan perawatan harian lainnya, hingga yang menawarkan fasilitas lebih seperti grooming, hair cut dan keberadaan dokter hewan untuk memantau kesehatan kucing kesayangan.

Lalu apa saja sih yang harus diperhatikan ketika memilih tempat penitipan kucing? Berikut 7 hal penting yang perlu kamu perhatikan saat memilih tempat penitipan kucing yang tepat untuk kucing kesayangan.


1. Kebersihan

Kebersihan menjadi faktor utama saat memilih tempat penitipan kucing. Ingat, kebersihan bisa mempengaruhi kesehatan kucingmu lho, Furriends. Kamu tentu menginginkan kucing kesayangan berada di tempat yang bersih dan nyaman kan? Perhatikan juga kebersihan tempat makan dan minum yang disediakan. Kasihan kan kalau kucing kesayangan stres karena berada di tempat yang tidak nyaman.


2. Fasilitas

Setiap tempat penitipan kucing tentu memiliki fasilitas yang berbeda. Misal, ada yang memberikan fasilitas kandang dan tempat bermain dengan pendingin ruangan (Air Conditioner), ada juga yang hanya menggunakan kipas angin saja. Begitu juga fasilitas perawatannya, ada lho yang sampai memberikan layanan grooming dan haircut, tapi banyak juga yang hanya menyediakan perawatan rutin seperti memandikan dan membersihkan kotorannya. Biasanya sih fasilitas yang disediakan sesuai dengan harga yang ditawarkan.


3. Harga

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, biasanya harga akan sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Semakin mahal harganya, maka semakin baik fasilitas dan pelayanannya. Tapi hati-hati ya, Furriends, jangan sampai pertimbangan harga mengorbankan kesehatan dan kenyamanan dari kucing kesayangan. Ingat, tujuan kamu menitipkan kucing adalah untuk menjaga kesehatannya selama kamu bepergian.


4. Rekomendasi dan Testimoni

Nah, ini hal yang juga penting dalam memilih tempat penitipan kucing. Biasanya rekomendasi atau testimoni dari orang yang kamu kenal akan lebih dapat dipercaya daripada sebuah iklan. Cobalah bertanya kepada pemilik kucing lainnya tentang pengalaman mereka menitipkan kucing kesayangannya. Kamu tidak punya teman atau keluarga yang memiliki kucing? Tenang, di internet banyak kok forum diskusi atau komunitas yang kerap berbagi info mengenai tempat penitipan kucing.


5. Keberadaan Dokter Hewan

Ada baiknya kamu memilih tempat penitipan kucing yang memang dikelola oleh dokter hewan, atau setidaknya berada di bawah pengawasan dokter hewan. Hal ini akan sangat berguna jika tiba-tiba kucing kesayangan mengalami masalah kesehatan selama berada di tempat penitipan. Keberadaan tenaga ahli pasti membuatmu lebih tenang meninggalkan kucing kesayangan kan, Furriends?


6. Kapasitas Penampungan

Berikutnya, perhatikan kapasitas penampungannya. Jangan sampai kucing-kucing yang dititipkan melebihi kapasitas yang tersedia. Lihat juga ukuran kandangnya, tempat penitipan yang baik biasanya punya variasi ukuran kandang sesuai dengan ukuran tubuh kucing yang dititipkan. Oya, kamu juga perlu cari tahu hewan apa saja yang bisa dititipkan di sana. Apakah memang khusus kucing atau ada jenis hewan lainnya? Jika memang tempat tersebut menerima berbagai jenis hewan, sebaiknya pilih yang memisahkan kucing kesayanganmu dengan jenis hewan lainnya. Hal ini untuk menghindari stres, terutama bagi kucing yang tidak terbiasa berinteraksi dengan hewan jenis lain. Selain itu, perhatikan juga apakah ada hewan yang sedang dalam kondisi sakit. Pastikan kucing kesayanganmu tidak bercampur dengan hewan lain yang sedang dalam perawatan ya, Furriends. Hal ini agar kucing kesayangan terhindar dari risiko penularan penyakit.


7. Lokasi

Lokasi tempat penitipan kucing juga perlu dipertimbangkan lho, Furriends. Pilihlah tempat penitipan kucing yang tidak terlalu jauh dari rumah. Terutama buat kamu yang tinggal di daerah yang penuh dengan kemacetan. Kasihan kan, kucing kesayangan pasti akan bosan kalau terlalu lama berada dalam perjalanan.

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih tempat penitipan kucing. Jika tempat pilihanmu sudah memenuhi ketujuh hal di atas, tentunya kamu akan lebih tenang saat meninggalkan kucing kesayangan. Pastikan kamu memilih tempat penitipan kucing yang tepat dan terpercaya ya, Furriends!