Tips agar kucing tidak menggigit saat bermain!

Rate artikel ini
0 Votes
Tips agar kucing tidak menggigit saat bermain!

Saat sedang bermain, kucing tiba-tiba mencakar atau menggigit? Walaupun kucing adalah hewan yang jinak, terkadang mereka suka menggigit dan mencakar, lho. Menggigit adalah perilaku yang biasa terjadi ketika kita mengajaknya bermain. Gak semua gigitan artinya sengaja menyakiti kita, tapi terkadang gigitan atau cakaran kucing juga bisa melukai bahkan memicu infeksi sehingga lebih baik dihindari. Berikut beberapa yang bisa Furriends terapkan untuk menghindari dan mencegah gigitan kucing :

1. Pahami kenapa mereka menggigit
Kucing menggigit karena cara kamu bermain dengannya. Sering kali kita bermain menggunakan tangan dan jari ketimbang mainan kesayangannya. Bisa jadi ia menganggap jari kita mainan yang dapat mereka gigit.

2. Jangan menarik saat digigit
Saat kamu sudah digigit, jangan menarik tangan atau bagian yang digigit oleh kucing karena secara insting mereka akan mengejar buruannya yang berusaha lari darinya. Hal itu akan membuat luka gigitan semakin parah.

3. Hindari bagian sensitif kucing
Dengan menghindari bagian sensitif pada tubuh kucing, mereka tidak akan merasa terganggu dan terancam. Selain itu, kamu akan lebih aman bermain bersamanya.

4. Perlakukan dengan benar
Pelajari cara menggendong dan mengusap kucing dan anak kucing dengan benar. Perlakuan yang benar bisa mencegah beragam masalah termasuk digigit oleh mereka.

5. Beritahu mereka dengan tegas
Jika kucing tetap menggigit atau mencakar, tepuk kucing dan beritahu mereka dengan tegas namun lembut. Hal ini tidak akan melukai kucing, hanya membuatnya terganggu saja.

Nah, itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan jika kucing menggigit saat bermain denganmu. Jangan sampai waktu bermain bersama mereka jadi terganggu karena hal tersebut ya, Furriends!

 

Baca juga : Vaksin itu penting untuk kucing kesayanganmu!