Tips Agar Kucing Berhenti Melakukan Kebiasaan Buruk!

Rate artikel ini
0 Votes
Tips Agar Kucing Berhenti Melakukan Kebiasaan Buruk!

Memelihara kucing tidak hanya sekedar memberinya makan dan mengelus-elusnya saja, Furriends. Orang yang baru pertama kali memiliki kucing pasti mengalami beberapa hal yang tidak mengenakkan yang sebelumnya mungkin tidak pernah mereka alami, seperti kucing yang buang air sembarangan, menggaruk-garuk perabotan rumah dan terus menerus mengeong.

 

Berikut tips yang bisa Furriends coba agar kucing kesayanganmu tidak lagi merusak perabotan rumahmu atau bahkan pup sembarangan.

  • Melatih kucing buang air di tempatnya

Siapkan kotak berpasir di satu tempat yang sama dan tidak sering kita lewati, karena biasanya kucing cenderung tidak mau buang air di tempat yang sering dilewati manusia. Usahakan agar tidak berpindah-pindah agar kucing terus mengingat di mana tempat biasanya dia akan buang air. Jika kucing sudah terbiasa, rutinlah mengganti pasir pada kotak setiap hari untuk menghindari bau yang tidak sedap.

  • Mengajarkan kucing tidak merusak perabotan rumah

Kebiasaan kucing menggaruk-garuk merupakan kebiasaan yang erat dengan penandaan daerah kekuasaan dan juga untuk mengasah kuku. Namun, jika kebiasaan menggaruknya ini dilakukan pada perabot rumah dan menyebabkan kerusakan, pastinya kamu akan sebal. Untuk mengantisipasi, sediakan papan kayu untuk kucing menggaruk kukunya atau cat tree di dekat sofa dan perabotan yang biasa ia garuk agar ia perhatiannya teralihkan ke mainan barunya.

  • Solusi agar suara mengeong tidak menggangu

Kadang suara mengeong kucing adalah untuk memberitahu kita kalau dia lapar, ingin diperhatikan ataupun sakit. Tetapi jika kucing mengeong berlebihan biasanya ada yang tidak beres nih, Furriends. Coba deh untuk ganti varian makanannya karena bisa saja ia bosan dengan rasa makanan yang biasanya. Pastikan selalu mengganti air minumnya dengan yang baru, jika kedua cara tadi tidak membantu dan kucing terus mengeong, Furriends bisa langsung membawanya ke dokter hewan, karena tingkahnya ini bisa jadi indikator kadar tiroid dalam tubuh kucing tersebut tinggi.

 

Baca juga : Kenapa sih kucing suka meringkuk?