Tidur dan Mimpi Yang Dialami Kucing

Rate artikel ini
0 Votes
Tidur dan Mimpi Yang Dialami Kucing

Pernahkah kamu melihat mata si kucing kesayangan berkedut, mengeong atau menggerakkan kaki mereka saat tertidur? Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah mereka sedang bermimpi. Jawabannya iya, kucing bermimpi. Kenyataannya, kucing tidaklah jauh berbeda dengan kita manusia, mereka tetap bisa bermimpi, baik itu mimpi indah maupun mimpi buruk yang dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan saat terjaga. Terlebih lagi, mereka juga bisa mengalami masalah tidur berjalan! Pasti lucu melihat mereka tidur sambil berjalan.

Kucing merupakan hewan mamalia yang memiliki kapasitas otak yang cukup besar dan memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, makanan kucing kesayanganmu harus mengandung protein tinggi yang baik untuk kekuatan fisik dan kecerdasannya. Sebuah penelitian menemukan bahwa aktivitas yang biasa dilakukan akan memengaruhi otak mereka dan hal tersebut juga terjadi saat mereka tertidur.

Ada dua jenis tidur utama yang dialami kucing, yang pertama adalah rapid eye movement (REM) dan non-rapid eye movement (non-REM). Selama tidur REM, sesuai dengan namanya, mata kucing bergerak dengan cepat dan acak serta aktivitas otak mereka mencerminkan bayangan dirinya ketika terjaga. Sementara kucing yang tertidur mungkin tampak cukup aktif selama tahap ini, mereka sangat sulit untuk bangun. Bermimpi terjadi terutama dalam fase tidur REM ini. Kucing yang masih berusia muda menghabiskan lebih banyak waktu dalam mimpi tidur daripada yang berusia lebih tua, mungkin karena kebutuhan untuk memproses informasi baru yang lebih tinggi.

Sama seperti manusia, kucing juga dapat mengalami mimpi indah ataupun mimpi buruk. Ketika bermimpi indah, mereka akan sering mengeluarkan suara dengkuran sambil menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka sedang bermimpi dan sebaliknya, ketika mereka mengalami mimpi buruk, gerakan-gerakan bermimpi yang mereka tunjukkan cenderung lebih intensif dan sering kali diikuti dengan suara yang khas seperti kicauan.

Nah, jadi sekarang kamu tahu kan kalau kucing juga bermimpi. Jadi, alangkah baiknya kita dapat menjaga agar mereka senantiasa bisa bermimpi yang indah dengan menjaga mood-nya. Ayo, beri mereka FRISKIES untuk memenuhi nutrisi dan juga membuat  mereka tetap happy!

Baca juga : Tempat tidur yang nyaman untuk si kucing kesayangan!