Ternyata Si Puss Juga Punya Jenis Musik Favorit, Lho!

Rate artikel ini
0 Votes
Ternyata Si Puss Juga Punya Jenis Musik Favorit, Lho!

Buat Furriends yang belum tahu, sekarang sudah ada lho musik yang khusus diciptakan untuk memanjakan telinga Si Puss. Meow-Sic (Cozmo’s Air dan Rusty’s Ballads) yang diaransemen oleh Profesor Charles Snowdon (psikolog dari Universitas Wisconsin) dan David Teie (Musisi dan Komposer Universitas Maryland), dibuat dengan mempelajari bagaimana musik bisa berpengaruh terhadap kucing.

 

Ada dua alasan kenapa Charles berusaha menciptakan musik yang disukai oleh kucing. Pertama, para pemilik kucing hanya dapat memperdengarkan lagu-lagu di radio atau CD untuk kucing peliharaan mereka, padahal musik yang kita suka belum tentu disukai juga oleh kucing. Kedua, beberapa peneliti sedang berusaha membuktikan teori, bahwa spesies selain manusia juga dapat menikmati musik.

 

Profesor Snowdon bersama dengan David Teie, seorang musikus dan komposer dari University of Maryland, membuat musik untuk kucing yang mereka sebut Cozmo's Air. Komposisi lagu ini diselaraskan dengan nada dengkuran kucing dengan irama 1.380 bpm. Lagu lain, Rusty's Ballad, menggunakan irama 250 bpm untuk meniru tingkat menyusui dengan anak kucing. Musik untuk kucing, menurut penelitian ini, harus dalam rentang frekuensi dan tempo yang sama dengan yang digunakan dalam komunikasi alami oleh mereka. Jadi, sebenarnya musik yang dibuat bukanlah musik yang sebenarnya, tapi suara atau bunyi alami kucing yang digubah menjadi berirama. Keren ya!

 

Nah, tiba saatnya untuk uji coba lagu yang sudah dibuat nih, Furriends. Hasilnya mengejutkan! Musik dari Gabriel Fauré yang berjudul ‘Elegie’ dan ‘Air on a G String’ karya Johann Sebastian Bach tidak membuat Si Puss terkesan saat mendengarkannya.

 

Hal yang berbeda terjadi saat Meow-sic diputar. Si Puss mendengarkan komposisi tersebut dengan seksama dan meresponnya secara positif. Mereka mendekati speaker dan menempelkan badannya, tanda kalo mereka menyukai hal tersebut. Hasil ini tentu saja membuat Snowdon dan David bahagia. Buat mereka, musik dapat berperan dalam beberapa hal penting, seperti menenangkan kucing kala stres di penampungan, hamil, atau setelah melahirkan.

 

Semoga makin banyak ditemukan penemuan yang keren untuk Si Puss kesayangan yah, Furriends!