Susah menyikat gigi kucingmu? Ini tipsnya!

Rate artikel ini
0 Votes
Susah menyikat gigi kucingmu? Ini tipsnya!

Kesehatan gigi tidak hanya wajib untuk manusia, tapi juga kucing kesayangan di rumah. Gigi yang sehat akan membuat kesehatan kucing terjaga hingga kesayanganmu bisa melakukan aktivitas dengan tenang. Namun, terkadang kita mengalami kesulitan saat menyikat gigi kucing, apalagi kucing agak sensitif dengan air. Nah, untuk mengatasi hal ini, Friskies punya beberapa tips yang akan mempermudah kamu menyikat gigi kucing kesayanganmu. Yuk disimak!

 

Tempat yang tepat

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari tempat yang bisa membuat kucing kesayangan merasa tenang saat disikat giginya. Menyikat gigi kucing bisa dilakukan di mana saja, tidak harus di kamar mandi, karena biasanya kucing akan ‘waspada’ jika melihat air dalam jumlah banyak. Sediakan ember kecil dan lap agar air tidak berceceran di sekitar spot penyikatan gigi. Sebagai contoh, apabila kucingmu merasa nyaman di dekat tempat tidurnya, sikat giginya di daerah tersebut. Karena ada rasa ‘aman’ di balik rasa ‘nyaman’, proses penyikatan giginya bisa kamu lakukan dengan lancar.

 

Pilih sikat gigi yang sesuai

Selanjutnya, pilih alat yang tepat untuk menyikat giginya. Kamu bisa mendapatkan sikat dan pasta gigi yang tepat di Pet Shop terdekat atau konsultasikan terlebih dahulu dengan Vet yang ada di kotamu. Sikat gigi kucing ada beberapa macam jenisnya, salah satunya yaitu sikat gigi yang bisa dimasukkan ke jari yang berbentuk seperti sarung (sikat gigi model jari), ada juga yang mirip seperti sikat gigi manusia dengan bentuk kecil. Sesuaikan juga ukurannya dengan mulut kucing, agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

 

Sikat gigi secara bertahap

Yup, kucing tidak bisa begitu saja merasa tenang saat pertama kali disikat giginya. Pada awalnya tak perlu seluruh gigi disikat, cukup gigi taring dan 2 gigi di sampingnya. Lakukan hal ini setiap hari agar kucing terbiasa. Setelah lebih terbiasa, kamu bisa meningkatkan jumlah gigi yang dibersihkan hingga seluruh gigi bisa dibersihkan. Kamu juga bisa meningkatkan durasi waktu menyikat gigi, dengan cara ini diharapkan dalam waktu dua minggu kucing sudah biasa disikat seluruh giginya; rahang atas dan bawah, gigi depan dan belakang.

 

Lakukan di pagi hari

Waktu menyikat gigi yang baik adalah pagi hari sebelum kucing diberi makan. Hentikan segera penyikatan gigi bila kucing mulai terlihat stres, karena bila dipaksa, kucing akan lebih susah untuk dikendalikan.

 

Beri penghargaan untuk si kesayangan

Berikan penghargaan berupa pujian, belaian atau makanan kesukaannya jika kucing kesayanganmu berlaku baik pada saat disikat giginya. Dia pun pasti akan semakin menyukaimu!

 

Yuk, jaga kebersihan gigi kucing kesayangan untuk kesehatannya. Selamat mencoba, Furriends!

 

Baca juga : Tips agar kucing terbebas dari hairball!