Si Puss terkena diare? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Rate artikel ini
0 Votes
Si Puss terkena diare? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Tentunya kamu mau dong kucing menjadi binatang peliharaan yang terbebas dari berbagai penyakit agar tetap sehat dan menggemaskan? Ada satu penyakit yang pastinya cukup sering membuat kamu khawatir ialah diare.

Ciri-ciri kucing terjangkit diare adalah terjadinya gangguan pada saluran pencernaan atau usus yang ditandai dengan perubahan pada feses atau poop si kucing. Banyak faktor yang menyebabkan kucing terkena diare, mulai dari dehidrasi, pergantian jenis/merek makanan, mengidap cacingan, virus dan bakteri yang menginfeksi saluran usus, perubahan cuaca atau iklim serta pemberian makanan/minuman manusia, seperti susu untuk manusia atau obat manusia yang mengandung bahan kimia atau zat yang bisa membuatnya alergi maupun diare.

Jika kucing sudah terkena diare, kamu jangan panik dulu ya Furriends. Coba deh simak cara mengobati kucing yang terkena diare dengan cara berikut:

  • Berikan obat diare khusus kucing

  • Berikan Oralit yang terdapat di pet shop untuk mengatasi dehidrasi

  • Berikan obat cacing khusus kucing, jika kucing tersebut cacingan

  • Beri nutrisi dan multivitamin untuk menjaga ketahanan tubuh agar tetap aktif

  • Jaga kebersihan kandang serta peralatan lainnya

  • Ganti jenis makanan, jika diare tersebut disebabkan karena pergantian makanan. Ganti porsi makanannya secara bertahap dengan mencampur makanan sebelumnya dengan yang baru.

 

Hal-hal di atas merupakan pertolongan yang bisa kamu coba di rumah, dan obat-obatan untuk kucing pun juga sudah banyak dijual di pet shop langganan kamu. Jika diare masih berlanjut, segera bawa ke dokter hewan ya, Furriends!

 

Baca juga : Awas, jamur mengintai kucingmu!