Si Puss Punya Teman Baru! Gimana Caranya Agar Mereka Akur, Ya?

Rate artikel ini
0 Votes
Si Puss Punya Teman Baru! Gimana Caranya Agar Mereka Akur, Ya?

Yay! Si Puss kesayangan punya teman baru. Tapi tunggu dulu Furriends, kucing bisa jadi makhluk yang amat teritorial dan bakal merasa terancam jika ada penghuni baru di area bermainnya. Namun kucing lama dan kucing barumu bisa saling bersahabat kok dengan cara pengenalan yang baik. Ikuti cara-cara ini, yuk!

 

Pada dasarnya, kucing akan merasa kurang nyaman jika ruangnya diusik oleh kucing lain. Kucing tua yang tidak terbiasa dengan teman binatang lain akan sedikit lebih sulit untuk beradaptasi saat kehadiran teman baru. Untuk menghindari perkehalian, lakukan proses pengenalan secara perlahan sebelum akhirnya membiarkan mereka menghabiskan waktu bersama.

1. Letakkan kedua kucing dan berbagai perlengkapan makanan, litter box, sampai mainan di ruangan yang terpisah dalam minggu pertama. Akan sangat baik jika ruangan mereka bersebelahan sehingga meski tidak berinteraksi secara langsung, kedua kucingmu bisa saling mencium aroma masing-masing. Tetap berikan mereka makanan di ruangan masing-masing secara bersamaan. Sehingga mereka terbiasa dan nantinya akan lebih mudah untuk saling berbagi jika harus makan bersama.

2. Tukar seprei atau kain yang digunakan si Puss lama untuk tidur dengan seprei kucing barumu. Sehingga keduanya akan semakin terbiasa dengan bau masing-masing. Lakukan penggantian seprei secara berkala.

3.Buat teman barumu terbiasa dengan ruangan-ruangan di rumah. Biarkan kucing barumu mengitari seisi rumah sementara si Puss yang lama bermain di ruangan kucingmu yang baru.

4. Setelah beberapa hari, mulai temukan keduanya di ruangan yang sama, kamu harus tetap berada bersama mereka dan mengawasi dengan seksama, ya! Kamu harus peka jika keduanya mulai terlihat tidak nyaman. Segera pisahkan sebelum terjadi perkelahian dan luka-luka yang tak diinginkan.

5. Setelah kelihatan terbiasa, kamu bisa membuka pintu masing-masing ruangan sedikit, agar mereka sesekali bisa melihat wajah masing-masing dan mulai bermain dengan sendirinya.

 

Lakukan proses diatas secara berkala sampai kedua kucingmu terbiasa. Selamat mencoba, Furriends. Semoga rumah kamu jadi semakin hangat dan menyenangkan dengan kehadiran si Puss yang baru!