Kucingmu Demam? Ini Tanda-tandanya

Rate artikel ini
0 Votes
Kucingmu Demam? Ini Tanda-tandanya

Ada perubahan aktivitas pada kucing kesayanganmu di rumah? Bisa jadi dia terkena demam. Gejala demam pada kucing disebut juga Pyrexia. Demam pada kucing ditandai oleh beberapa hal, salah satunya adalah suhu tubuh yang tinggi. Gejala ini ditimbulkan akibat upaya tubuh kucing dalam melawan penyakit.

 

Beberapa tanda kucing mengalami demam adalah:

Selalu tidur

Kucing yang tadinya aktif berlari-lari, bermain, tiba-tiba terlihat malas dan lebih banyak diam, bahkan waktunya lebih banyak dihabiskan untuk tidur. Kalau Furriends sadar akan kondisi ini, segera bawa kucing kesayanganmu ke vet terdekat untuk mengetahui kondisi yang sedang dialaminya.

Nafsu makan berkurang

Makan adalah salah satu hal yang paling disukai kucing. Salah satu indikasi kucing mengalami demam adalah saat mereka tidak mau memakan makanan kesukaannya, bahkan terlihat jelas ada penolakan. Jika ini terjadi, segera periksakan ke vet, ya.

Bulu rontok dalam jumlah banyak

Banyaknya bulu yang rontok juga bisa menjadi indikasi kucing sedang demam. Biasanya hal ini terjadi saat kucing sudah mengalami demam yang sangat tinggi.

Suhu tubuh tinggi

Suhu tubuh normal pada kucing berkisar antara 37,7-39,1 ° C. Jika indikator termometer menunjukkan suhu tubuh kucing di atas batas normal, maka Furriends perlu waspada.

 

Apa yang bisa kita lakukan saat tahu si puss demam?

Pertama, periksa seluruh tubuhnya. Raba tubuh kucing kesayanganmu (tekan dan usap secara perlahan), perhatikan apakah ada cedera, bengkak, atau infeksi luka. Beberapa hal ini bisa jadi penyebab demam.

Kemudian, coba turunkan panasnya lewat cakar menggunakan kompres. Segera bawa kucingmu ke ruangan berhawa sejuk. Bisa juga dengan meletakkan kipas angin di lantai sehingga angin mengenai tubuhnya. Letakkan bantalan es di tubuh atau cakarnya, atau seka tubuhnya dengan air, karena penguapan akan membantu mendinginkan tubuhnya.

Demikian tanda-tanda serta cara-cara yang dapat kita lakukan jika kucing kesayanganmu demam. Semoga kucingmu selalu dalam kondisi sehat ya, Furriends!

 

Baca juga : Ketahui gejala demam pada kucing!