Kucing Berbicara Melalui Bahasa Tubuhnya, Pelajari yuk!

Rate artikel ini
0 Votes
Kucing Berbicara Melalui Bahasa Tubuhnya, Pelajari yuk!

Dengan memperhatikan gerak-gerik serta posisi anggota tubuhnya, Furriends bisa kok mengetahui apa yang kucing sedang rasakan atau keinginan yang mau dia sampaikan. Setiap kucing punya kebiasaan yang berbeda, tetapi beberapa pengetahuan dasar ini bisa membantu kamu untuk mengenal teman kesayanganmu ini denggan lebih baik. Memperhatikan gerak-gerik bagian-bagian tubuh tertentu merupakan cara yang mudah untuk mengetahui mood ataupun suasana hatinya. Coba kita pelajari sama-sama, yuk!

 

KUPING

- Berdiri tegak dan menghadap keatas

Ini adalah posisi normal kuping seekor kucing. Kuping kucing yang  berdiri dengan tegak menandakan kalau ia sedang senang dan siap diajak bermain! Namun di sisi lain, kucing juga akan menaikkan kupingnya ketika ia dalam posisi siaga.
 

- Mengarah kesamping

Saat kuping kucing mengarah ke samping (seperti bentuk sayap pesawat), ini bisa menjadi pertanda kalau ia sedang merasa cemas atau takut. Jika kupingnya semakin ditekuk ke belakang, berarti ia sedang marah dan siap menyerang. Hati-hati ya, Furriends! Jauhi sejenak teman kesayanganmu ini dan coba datangi kembali saat ia kelihatan lebih tenang.
 

- Kuping yang bergerak

Saat kupingnya kelihatan bergerak dan kucing kelihatan tenang, kucing sedang memerhatikan lingkungannya dengan seksama! Hmm..mungkin dia baru saja mendengar suara tikus?


 

MATA


 

- Pupil mata terlebih tajam dan kecil

Saat pupil matanya terlihat tajam dan kecil, kucing kerap bersikap lebih agresif layaknya ingin menerkam mangsa. Jika ia kelihatan siaga dan tubuhnya menegang, jauhi sejenak ya, artinya dia sedang marah.
 

- Pupil mata membesar

Saat pupil matanya membesar, kucing biasanya akan bersikap lebih tenang dan tidak keberatan jika kamu belai. Tapi terkadang, pupil mata kucing juga keliatan membesar ketika ia merasa gugup atau cemas.

 

 

EKOR


 

- Ekor terangkat lurus

Saat ekor kucing terangkat lurus seperti pada gambar, itu menandakan si kucing lagi ingin bermain tuh! Yuk, habiskan waktu kamu bersamanya. Di sisi lain, kucing mengangkat ekornya ketika ia penasaran atau sedang tertarik dengan sesuatu.
 

- Bulu di ujung ekor menengang

Ini menjadi salah satu pertanda paling jelas jika kucing sedang marah atau ketakutan. Tinggalkan ia sejenak ya, jika kamu melihat bulu diujung ekornya menegang!
 

- Ekor di posisi bawah atau diselipkan di antara kedua kaki belakang

Pada posisi ini, kucing kesayangan sedang merasa cemas dan gelisah! Coba tenangkan ya, Furriends, bisa jadi dia sedang merasa sakit.
 

- Ekor bergerak dengan cepat

Pada posisi ini, kucing sedang dalam posisi siaga, semakin cepat gerakan ekornya, semakin agresif sikap si kucing.
 

- Ekor tegak keatas

Pada posisi ini, kucing kesayangan sedang merasa sangat senang! Jika sudah dalam umur dewasa, ini juga menandakan kucing yang sedang mencari pasangan kawin.

 

Demikian beberapa gerak-gerik bahasa tubuh kucing. Semoga hal-hal di atas bisa membuat kamu jadi semakin dekat dengan kucing kesayanganmu ya! Tetap berikan FRISKIES dengan berbagai variasi kelezatan rasa serta nutrisi yang baik untuk kucing kesayanganmu!

 

Baca juga : Kenali bahasa kucing lewat suaranya!