Sedang Berkelahi atau Bermain? Ini Cara Membedakannya!

Rate artikel ini
0 Votes
Sedang Berkelahi atau Bermain? Ini Cara Membedakannya!

Furriends memiliki kucing lebih dari 1? Bagi Furriends waktu sedang bermain, mungkin terlihat seolah-olah diserang agresif. Sehingga Furriends sering kali khawatir apakah kucing tersebut hanya sedang bermain atau berkelahi? Yang seharusnya memerlukan intervensi sebelum salah satu dari mereka terluka. Sebuah permainan antar kucing seringkali terlihat sedikit lebih agresif dari yang kita harapkan. Bahkan di antara anak kucing, waktu bermain bisa terlihat agak kasar. Jangan berharap kucingmu bergulat dan saling bertabrakan dengan kemahiran dan kelembutan ya, Furriends.

Jika kamu adalah orangtua kucing pemula dan tidak terbiasa dengan bagaimana kucing berinteraksi satu sama lain, dapat dengan mudah salah menafsirkan kegemaran waktu bermain untuk agresi. Bergulat merupakan salah satu permainan yang disukai oleh kucing. Oleh karena kemiripannya, kamu harus jeli melihat dan memahami perbedaan di antara kucing yang sedang bermain atau sedang bertengkar. Berikut beberapa perbedaannya. Bersuara atau tidak merupakan salah satu cara terbaik untuk memahami apakah kucing sedang bertengkar atau bermain, kamu juga dapat memperhatikan ada atau tidaknya suara dari kedua kucing tersebut. Jika ia sedang bermain, maka selama “interaksi gulat” mereka akan diam, dan hanya akan menerkam dan menendang-nendang tanpa ada suara yang keluar sama sekali.

Sebaliknya, jika ia sedang bertengkar, maka mereka akan terus mengeluarkan suara. Mulai dari suara menggeram ketika saling menatap dan memperhatikan gerak langkah masing-masing kucing, hingga suara teriakan ketika kucing menerkam, menendang, dan bergulat dengan kucing lainnya. Perhatikan daun telinganya! Melihat daun telinga kucing juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah kucing sedang bermain atau bertengkar. Kucing yang sedang bertengkar akan masuk ke dalam “mode siaga” yang dapat dikenali dari bentuk daun telinganya. Kucing yang menjadi waspada karena sedang bertengkar akan menarik telinganya ke belakang. Berbeda dari kucing yang sedang bermain, yang akan terus membuat telinganya tegak berdiri ke depan (jika bisa) selama bermain bersama kucing lain yang menjadi teman bermainnya. Tentunya hal ini tidak bisa dilihat pada kucing yang memiliki kondisi telinga khusus, seperti kucing jenis Scottish Fold. Selain itu, kucing yang merasa terdominasi saat bertengkar akan menunjukkan bentuk ekor yang tinggi.

Hal ini dapat menjadi acuan bahwa perilaku yang ditunjukkan kucing-kucing bukan lagi sekedar permainan, melainkan sebuah pertengkaran. Cakar dan kukunya dapat menjadi alat bantu yang lebih baik dalam membedakan kucing yang sedang bermain dan bertengkar, dibandingkan dengan meilhat dari taringnya. Karena pada saat bermain pun kucing umumnya juga menunjukkan taring dan menggigit teman bermainnya, walaupun gigitan tadi tidak kuat dan tidak menyebabkan luka. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, kita dapat mengatahui apakah si kucing kesayangan sedang bermain atau bertengkat. Tetap waspada dan perhatikan kucingmu selalu ya Furriend agar mereka tidak terluka atau melukai kuicng lainnya.

 

Baca juga : Tempat tidur yang nyaman untuk kucing kesayangan