Psst.. Ini rahasia agar bulu kucingmu tidak rontok.

Rate artikel ini
1 Votes
Psst.. Ini rahasia agar bulu kucingmu tidak rontok.

1. Bersihkan bulu kucing secara rutin

Perubahan musim merupakan faktor yang mempengaruhi bulu kucing. Ketika musim panas, bulu-bulu memang rontok dengan tujuan agar kucing tidak kepanasan. Pada saat seperti itu, sangat penting untuk memandikan kucing secara rutin. Sedangkan ketika musim hujan/dingin, mandikan kucing dengan air yang agak hangat, kemudian tempatkanlah kucing di ruangan yang bersih, kering dan sirkulasi udaranya lancar. Setelah main air, keringkan dengan baik agar kulit kucing tidak lembab, karena kulit lembab akan merangsang pertumbuhan jamur. Selain itu, pilih shampoo yang tepat dengan keadaan bulu kucing kesayanganmu. Konsultasikan dengan Dokter Hewan atau teman-teman pecinta kucing lainnya untuk memilih produk yang sesuai.

 

2. Perhatikan asupan nutrisi

Kekurangan nutrisi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kerontokan bulu kucing, khususnya Protein serta Vitamin A dan E. Protein adalah komponen penting dalam pembentukan bulu kucing. Kamu juga bisa memberikan asupan vitamin untuk menjaga bulu kucing. Namun, perhatikan kuantitasnya, karena jika terlalu banyak kandungan vitamin yang masuk tentu akan berdampak kurang baik bagi kesehatannya. Sekali lagi, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dalam memberikan vitamin untuk kucing kesayanganmu.

 

3. Menyisir bulu kucing secara rutin

Sisir bulunya dengan pola berlawanan arah dengan pertumbuhannya. Kamu bisa mulai dari tengkuk ke arah depan sedikit-demi sedikit, sampai ujung ekor. Lakukan berulang dengan pelan dan lembut sehingga kucing menikmati aktivitas ini. Gunakan sisir khusus yang terbuat dari bahan logam dan gigi sisir yang agak rapat.

 

4. Ajak kucing bermain

Kenyamanan merupakan hal utama agar kucing terhindar dari stres yang akan mempengaruhi kerontokan bulunya. Jika kucing yang biasanya aktif menjadi pendiam, ajak dia bermain dengan hal-hal yang menarik. Bermain bersama kucing bisa memberikan banyak hal positif untuknya, termasuk meningkatkan chemistry dan mencegah stres.

 

Terakhir, segera bawa kucing kesayanganmu ke Dokter Hewan terdekat untuk penanganan lebih lanjut jika kerontokan bulunya semakin parah.


Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu kamu saat merawat bulu kucing kesayangan di rumah!

 

Baca juga : Apa arti gerak-gerik kucingmu?