Potong Kuku Yuk!

Rate artikel ini
0 Votes
Potong Kuku Yuk!

Layaknya manusia, kuku kucing yang pendek dan bersih dapat menjaga kucing terbebas dari kuman dan juga luka yang dapat terjadi secara tak sengaja akibat kuku yang panjang. Bawa kucingmu ke cat grooming secara rutin ya untuk menjaga kebersihan kuku dan  kesehatannya.  

Sebenarnya Furriends bisa kok memotong kuku si kucing di rumah, asal tahu cara yang baik dan benar. Kalau ingin memotong sendiri kuku si kucing kesayangan, ikuti langkah-langkahnya berikut ini yuk, Furriends!

Langkah pertama adalah membiasakan  kucingmu dalam proses ini, terutama jika kukunya belum pernah dipotong sebelumnya. Ini bisa menjadi pengalaman pertama yang mencemaskan bagi kucing jika Furriends melakukannya secara tergesa-gesa. Agar si kucing dapat terbiasa, pijat-pijat bagian telapak kakinya secara rutin, sehingga ia merasa nyaman ketika kakinya dipegang. Lakukan ini selama beberapa hari sebelum proses pemotongan.

Ketika sudah terbiasa, sekarang saatnya memotong kuku! Tekan dengan lembut bagian jari kakinya sehingga seluruh kukunya terlihat keluar. Gunakan gunting kuku yang tajam dan dikhususkan buat memotong kuku kucing ya. Potong kuku secara vertikal atau lurus, jangan dari samping, ini akan membuat kukunya rusak. Ekstra hati-hati saat memotong, pastikan kamu memotong bagian ujung runcing yang berwarna putih, bagian ini bernama “claw”, jangan memotong bagian tengah yang berwarna agak pink, atau dalam bahasa inggris disebut “quick”, ini adalah bagian daging. Lakukan secara perlahan ya agar kucing kesayangan tetap nyaman.

 

Buat kucing yang tak suka di potong kukunya, lakukan secara bertahap, misalnya memotong kuku dari 1 atau 2 jari saja untuk hari ini, dan meneruskan sisanya esok, memaksanya justru akan membuat proses pemotongan jadi jauh lebih sulit dan dapat melukai kucing serta dirimu.

 Selamat mencoba tips di atas, Furriends!

 

Baca juga : Susah menyikat gigi kucingmu? Ini tipsnya!