Pilih kittens yang sesuai denganmu, Furriends!

Rate artikel ini
0 Votes
Pilih kittens yang sesuai denganmu, Furriends!

Mengadopsi anak kucing bukanlah hal sepele, terutama jika pertama kali mengadopsi kucing. Terlebih lagi, banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk dapat memilih kitten yang cocok denganmu. Berikut adalah beberapa hal yang akan membantu kamu menentukan kucing mana yang akan cocok untuk gaya hidup kamu.

1. Pertimbangkan usia si kucing
Meskipun kucing biasanya sudah disapih atau dilepas dari induknya sebelum usia 8 minggu, kebanyakan ahli setuju bahwa kucing paling tidak  membutuhkan waktu 12 minggu untuk tinggal bersama induknya. Hal ini bertujuan untuk perkembangan si kucing yang optimal. Biasanya kucing yang disapih sebelum berusia 12 minggu akan memiliki perilaku yang mengganggu seperti mengisap jari dan benda lain.

2. Periksa kesehatannya
Memeriksa kesehatan kitten bisa dimulai dari ukurannya yang tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus, yang bisa diidentifikasi adalah tulang rusuknya tidak terlihat. Periksa perut kitten, jika terasa keras atau bengkak, mungkin memiliki masalah pada kesehatan perutnya. Kemudian kulit dan bulunya, anak kucing yang sehat harus memiliki bulu lembut dan tidak ada bintik-bintik botak di area kulit. Kemudian periksa telinganya, telinga yang bersih pertanda kitten dalam keadaan sehat.  

3. Periksa kepribadian si kucing
Meskipun kamu sangat menginginkan kitten yang memiliki belang di punggungnya, jangan memilih anak kucing berdasarkan penampilannya. Sebaliknya, perhatikan bagaimana anak-anak kucing bermain dan berinteraksi sehingga kamu dapat melihat kepribadiannya.

4. Perhatikan jumlahnya
Banyak ahli merekomendasikan untuk mengadopsi dua anak kucing pada saat yang bersamaan karena beberapa alasan. Pertama, kitten dapat terus bersosialisasi dan belajar dari satu sama lain. Selain itu, penting untuk diingat bahwa kucing dewasa adalah hewan yang teritorial. Jadi mungkin lebih mudah mengadopsi dua anak kucing daripada memperkenalkan yang baru di kemudian hari.

Mengadopsi kucing dapat membawa pengaruh yang baik, pastikan saja bahwa kamu telah melakukan persiapan sebelumnya sehingga akan lebih mudah beradaptasi. Terakhir, pastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan si kucing terpenuhi dengan baik. Kamu bisa mempercayakan tumbuh kembangnya bersama FRISKIES!

 

Baca juga : Cara memberi makan kittens berusia 8-12 minggu