Pertolongan Pertama Pada Kucing Kesayangan

Rate artikel ini
0 Votes
Pertolongan Pertama Pada Kucing Kesayangan

Saat kucing terluka dan butuh penanganan medis darurat, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah segera membawanya ke dokter hewan terdekat. Pastikan kamu menyimpan alamat dan informasi dokter hewan khususnya yang buka 24 jam. Namun, sebelum kamu membawanya ke dokter hewan, berikut adalah beberapa cara memberikan pertolongan pertama saat kucing terluka.

Ikuti langkah ini untuk meringankan rasa sakitnya:
1. Kucing yang kesakitan bisa bersikap agresif, dekati sia secara perlahan. Jika memungkinkan, gunakan sarung tangan dan lindungi wajahmu untuk menghindari luka.
2. Selimuti kucing dengan handuk agar ia tidak banyak bergerak.
3. Segera bawa kucingmu ke dokter hewan terdekat. Hubungi dokter hewanmu terlebih dahulu jika memungkinkan.
 

Beberapa tips untuk menangani situasi darurat spesifik:

Saat kucing mengalami pendarahan

Kompres luka dengan handuk dingin untuk menghentikan pendarahan, jangan gunakan disinfektan. Lalu segera hubungi dokter hewanmu.

Saat kucing keracunan

Jika kucing muntah-muntah berat, diare, atau mengeluarkan air liur berlebihan secara tiba-tiba, ada kemungkinan sia keracunan makanan. Segera hubungi dokter hewan dan sebisa mungkin informasikan apa makanan yang baru saja dikonsumsi oleh kucingmu. Jangan stimulasi kucingmu untuk muntah tanpa perintah dari dokter.

Saat kucing mengalami luka bakar

Basahi luka dengan air dingin mengalir selama beberapa menit. Jangan tutupi area luka bakar dan konsultasikan langkah selanjutnya dengan dokter hewanmu.

Saat kucing tersedak

Benda kecil seperti tulang ayam dan jarum bisa menyangkut di langit-langit mulut atau tenggorakan kucing. Tenangkan kucingmu dan baringkan di atas handuk. Buka mulutnya dengan hati-hati dan usahakan untuk tidak mendongakkan kepalanya, barang-barang yang menyangkut bisa jatuh lebih dalam ke tenggorokannya. Jika kamu bisa melihat benda tersebut, gunakan penjepit kecil untuk mengeluarkannya. Jangan langsung menarik benda seperti benang yang mungkin telah menyangkut di bagian pencernaannya. Jika kamu tidak bisa melihat benda yang membuat ia tersedak, segera bawa ke dokter hewan.

Saat kucing tersengat listrik

Sebelum menyentuh kucing, cabut colokan dan matikan sumber listrik yang menyengat kucing. Jika kucingmu tersengat akibat mengunyah kabel listrik, ada kemungkinan mulut dan lidahnya mengalami luka bakar. Segera hubungi doktermu, luka bakar akibat sengatan listrik dapat mengakibatkan shock dan masalah kesehatan lainnya bagi kucing.

 

Semoga kucing kesayangan tetap sehat dan bisa bermain sama kamu dengan aman ya, Furriends!

 

Baca juga : Buat si kucing betah di rumah dan terbebas dari hairball!