Olahraga Yuk!

Rate artikel ini
0 Votes
Olahraga Yuk!

Makan, tidur, dan bermalas-malasan, tahu-tahu kucing kesayanganmu menjadi terlalu gemuk. Wah, hati-hati nih, Furriends, kegemukan pada kucing sama bahayanya dengan kegemukan pada manusia lho. Yuk, mulai sekarang pastikan kucing kesayanganmu rutin berolahraga dengan mengajaknya bermain. Berikut beberapa jenis permainan yang bisa membuatnya aktif bergerak:

Permainan berburu

Karena naluri alaminya, kucing sangat suka mengejar objek atau benda yang bergerak. Kamu bisa ‘memancingnya’ dengan menggunakan bola ping pong, laser, atau sejenis alat pancing yang menggunakan tali/benang. Pastikan semua alat permainan aman untuknya. Jangan menggunakan benda yang tajam atau plastik yang mudah tertelan karena akan membuatnya tersedak.  

 

Menara Kucing

Sebuah permainan yang sangat baik untuk membuatnya berolahraga. Kamu bisa memancingnya dengan menggunakan makanan favorit kucing kesayanganmu untuk membuatnya memanjat dan melompat dari satu tempat ke tempat lainnya seolah-olah melompati sebuah menara.

 

Ajak kucingmu bermain di luar

Selain bisa menjadi cara untuk membuatnya berolahraga, hal ini akan melatihnya untuk bersosialisasi sehingga dia tidak menjadi kucing yang penakut. Pastikan saja kamu menggunakan tali atau menjaga jarak dengannya agar ia tetap aman dan tidak menghilang.

Ada sejumlah mainan lainnya yang dijual di pet shop, misalnya tikus-tikusan yang dapat dikendalikan dengan remote control. Mainan ini sangat menarik bagi sebagian besar kucing. Mainan seperti ini memberi manusia manfaat tambahan bermain bersama kucingnya sambil berolahraga.

 

Nah, sudah tahu kan beberapa permainan yang mudah dilakukan untuk membuatnya berolahraga? Kamu bisa mengajak kucing kesayangan berolahraga melalui beberapa permainan ini sebanyak 2-3 kali sehari selama beberapa menit. Kamu bisa mengajaknya bermain dengan intensitas ringan agar tidak mencederai persendiannya ya, Furriends.

 

Baca juga artikel tentang cara merawat kucing lainnya di sini.