Oh Tidak, Kucing Kesayangan Alergi! Cari Tau Penyebabnya Yuk!

Rate artikel ini
0 Votes
Oh Tidak, Kucing Kesayangan Alergi! Cari Tau Penyebabnya Yuk!

Sama seperti manusia, kucing juga bisa alergi, Furriends! Setiap kucing punya reaksi alerginya maing-masing. Nah, 5 hal ini adalah penyebab alergi paling umum yang biasa terjadi pada kucing.

 

Namun sebelumnya, bagaimana sih cara mengetahui kalau kucing sedang alergi? Salah satu akibat utama dari alergi pada kucing adalah rasa gatal. Jika kamu melihatnya kerap menggaruk atau menggosokkan badannya ke perabot serta menjilati bulunya secara berlebihan, ada kemungkinan kucingmu sedang alergi. Penyebabnya antara lain:

1. Kutu
Ini adalah penyebab paling umum dari rasa gatal akut yang dialami kucing. Kucing amat sensitif dengan air liur kutu. Jika hal ini terjadi, segera mandikan kucingmu dengan sampo khusus yang dapat menghilangkan kutu.

2. Tungau debu
Rumah yang berdebu adalah sarang tungau debu yang dapat jadi pemicu alergi kucing. Bersihkan rumahmu secara berkala ya, lingkungan bersih akan membuat kamu dan si kucing jadi lebih sehat.

3. Makanan
Beberapa kucing punya alergi pada jenis makanan tertentu. Jika kamu baru saja mengganti atau memberi jenis makanan baru pada kucing, dan ia mulai terlihat gatal-gatal, penyebabnya bisa datang dari makanan tersebut. Kemungkinan hal ini lebih besar terjadi jika Furriends memberikan makanan selain makanan kucing.

4. Hewan lain
Nah, seperti manusia yang bisa alergi pada kucing dan anjing, kucing juga punya kemungkinan memiliki alergi sejenis lho, Furriends!


5. Faktor lingkungan
Beberapa serbuk bunga, lumut dan faktor alam lainnya juga bisa jadi pemicu alergi. Konsultasikan lebih lanjut pada dokter hewanmu untuk mengetahui alergi jenis ini lebih lanjut.

 

Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab alergi pada kucing, Furriends! Perhatikan selalu kucing kesayanganmu agar tetap sehat dan aktiif ya, Furriends..

 

Baca juga : Cara mengatasi bau tak sedap pada kucing