Musim kawin pada kucing? Ini tanda-tandanya.

Rate artikel ini
0 Votes
Musim kawin pada kucing? Ini tanda-tandanya.

Faktanya, karena pola hidup yang berbeda, ada perbedaan pula pada siklus kawin kucing. Kucing liar memiliki musim tertentu untuk kawin, sedangkan kucing peliharaan bisa memiliki musim kawin setiap saat, bahkan setiap tiga sampai empat minggu. Perilaku kucing ketika sedang berahi bisa mengkhawatirkan jika kita tidak dapat menyadarinya. Misalnya, nafsu makan menurun atau menjadi galak.

Berikut adalah ciri-ciri saat kucing kesayanganmu tak mau jadi jomblo lagi:

  • Kucing tiba-tiba sering mengeong dengan keras dan lama durasinya. Jika biasanya kucingmu mengeong dengan anteng, perubahan ini bisa jadi indikasi kucing dalam keadaan berahi. Hal lain yang biasanya dilakukan adalah kucing menjadi gelisah dan tidak betah di satu tempat. Biasanya, mereka akan sering kedapatan berusaha keluar rumah sambil mengeong untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

  • Kucing menunjukkan sifat manja yang berlebihan pada majikan. Biasanya, kucing yang berahi akan sering menggesek-gesekkan badannya di sekitar pergelangan kakimu, atau benda apapun yang ada di sekitarnya. Hal ini terjadi karena adanya perubahan ‘aroma’ saat kucing sedang berahi. Kucing berusaha menebar pesona dengan menggesek-gesekkan badannya agar lawan jenis bisa mencium baunya.

  • Gerakan ekor yang melengkung bisa juga menjadi indikasi kucingmu sedang dalam keadaan berahi. Kamu bisa mencoba ‘mendeteksinya’ dengan cara mengusap punggung bawahnya, terutama di atas tulang panggul dan pangkal ekor. Apabila ekornya secara refleks melengkung, berarti kucingmu sedang membutuhkan teman spesialnya. Sering mendapati kucing kesayangan sedang berjalan merangkak menempel pada lantai juga salah satu indikasi si dia dalam keadaan berahi.

  • Ini hal yang paling bisa bikin kita khawatir. Tiba-tiba kucing kesayanganmu menghilang! Bahkan, kucing peliharaan pun akan menghilang sementara saat dalam kondisi berahi. Jika kucing jantan tidak datang ketika “dipanggil” kucing betina, maka ada kemungkinan kucing betina akan pergi ‘berpetualang’ dalam waktu satu atau dua hari untuk mencari kekasihnya.

 

Berbicara soal masa kawin pada kucing, kamu juga harus mengetahui berapa umur kucing yang sudah siap kawin, Furriends.

Hal pertama yang perlu diketahui agar kamu bisa merencanakan kapan masa kawin yang tepat untuk si kucing kesayangan adalah mengetahui perkiraan umur kucingmu yang sudah siap kawin. Kucing umumnya mulai mengalami dasi reproduksi ketika mereka telah mencapai 80% tubuh dewasa.  Pada umumnya hal ini berlangsung ketika kucing berusia sekitar 5 hingga 6 bulan.

Fase reproduksi seekor kucing ini dapat menjadi lebih lama tergantung dari keadaan lingkungan, terutama pengaruh sinar matahari. Biasanya kucing rumahan memiliki fase kawin lebih lama dan jarang dibandingkan kucing liar karena jarang terpapar cahaya alami matahari.

Sebagai tambahan informasi untukmu, berikut ini tahapan-tahapan musim kawin pada kucing dalam bahasa ilmiah:

  • Anestrus. Terjadi pada awal musim dingin/hujan. Kucing jantan tidak tertarik pada betina, begitu juga sebaliknya.

  • Proestrus. Tahap ini berlangsung sekitar beberapa jam, namun untuk beberapa kucing bisa melewati tahap ini sampai 2 hari. Kucing betina akan berguling-guling,  menggosokkan badannya di lantai, dan memanggil kucing jantan. Saat ini si kucing betina masih memberi ‘lampu hijau’ kepada penjantan untuk menyentuhnya.

  • Estrus. Berlangsung selama kira-kira satu minggu. Kucing betina benar-benar akan mengajak kawin kucing jantan. Prosesnya hanya berlangsung selama 10-15 menit dan terjadi berulang-ulang. Pada tahap ini kucing betina akan sensitif, bertindak agresif dan bertambah galak. Segera pisahkan pasangan ini untuk menghindari keributan yang akan melukai mereka berdua.

  • Interestrus. Berlangsung selama seminggu namun kemudian akan terulang lagi ke tahap Estrus. Tahap ini terjadi jika kucing betina tidak dikawinkan atau tidak menemukan kucing jantan.

 

Nah, sudah tahu kan sekarang ‘kode-kode’nya? Semoga bermanfaat ya, Furriends.

 

Baca juga : Sedang berkelahi atau bermain? Ini cara membedakannya!