Menyajikan Makanan Kucing

Rate artikel ini
0 Votes
Menyajikan Makanan Kucing

Urusan makan bagi kucing bukan hanya soal kenyang. Oleh karena itu, ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan, mulai dari jenis makanan, pemilihan wadah, lokasi, hingga cara penyajian. Mengingat kucing adalah pemburu sejati. yang sigap, waspada, dan selalu memperhatikan lingkungan sekitar meskipun sedang makan, pemilihan lokasi untuk menempatkan wadah makanan kucing menjadi salah satu hal penting penting yang perlu diperhatikan. Selain itu, beda jenis makanan, berbeda pula cara penyajiannya.

Nah, agar ritual bersantap kucing-kucing kesayanganmu lebih tenang dan nyaman, simak beberapa tips berikut yang bisa kamu coba:

  1. Sesuaikan jenis wadah dengan makanan. Mangkuk merupakan pilihan yang relatif lebih baik dibandingkan piring. Pilihlah mangkuk yang dangkal. Tujuannya agar tidak mudah tumpah, dan kucing-kucing tetap leluasa meraih makanannya.

  2. Hindari mangkuk yang dalam. Dasar mangkuk yang dalam menyulitkan kucing. Terutama jika sedang diberi makanan kucing yang basa. Serpihan makanan dapat dengan mudah menempel di area sekitar mulut, terutama dagu, dan bisa menyebabkan berkembangnya bakteri atau jamur. Selain itu, mangkuk yang dalam  menghalangi kumisnya saat sedang makan. Kucing sangat sensitif terhadap kumisnya.

  3. Wadah dangkal memudahkan kucing memperhatikan lingkungan sekitarnya. Mereka ingin tetap waspada meskipun sedang makan. Itu sebabnya kumis kucing tidak boleh terhalang apapun, sebab bagi mereka kucing adalah radar.

  4. Sesuaikan ukuran wadah dengan porsi makan. Pilih wadah yang cukup besar untuk menampung makanan kucing untuk sehari. Namun jangan terlalu penuh agar tidak tumpah-tumpah. Dengan begini, kamu tak perlu lagi bolak-balik memberi makan. Tapi ingat, hal ini hanya berlaku untuk makanan kucing yang kering. Makanan basah harus langsung habis dalam sekali santap. Jika dibiarkan lama di luar akan rusak dan tidak bagus untuk dimakan lagi.

  5. Jangan terlalu penuh mengisi wadahnya. Jika kamu sering kerepotan membersihkan sisa makanan kucing yang tumpah, ganti dengan wadah yang lebih besar untuk menampung makanan hewan kesayanganmu tersebut. Misalnya, piring lebar yang dapat menampung kedua jenis makanan, baik yang kering maupun basah.

  6. Pilih lokasi yang tepat. Kucing enggan makan di lokasi yang ramai tempat orang berlalu-lalang. Taruh wadah makanan dan minumannya di lokasi yang cenderung sepi namun masih mudah dicapai. Yang paling penting, lokasi makan harus jauh dari lokasi litter box. Kamu tentu merasa risih bukan jika area makan dekat dengan toilet? Begitu juga dengan kucing-kucingmu.

Semoga tips di atas bisa membuat aktivitas makan kucing-kucing kesayanganmu menjadi lebih nyaman. Selamat mencoba!

 

Baca juga : Perlunya pengenalan makanan pada kucing!