Menjaga Berat Badan Kucing Kesayangan

Rate artikel ini
0 Votes
Menjaga Berat Badan Kucing Kesayangan

Agar kucing kesayangan sehat dan terus aktif bermain bersamamu, menjaga berat badannya adalah hal yang amat penting. Kucing yang kelebihan berat badan juga rentan terhadap bermacam penyakit, lho. Apakah kucing kesayanganmu memiliki berat badan yang ideal? Ketahui lebih lanjut, yuk!

Beberapa cara sederhana ini bisa Furriends lakukan untuk mengetahui apakah berat badan kucing kesayangan berlebih:

  • Letakkan jarimu di area bahu kucing, lalu perlahan geser jarimu hingga melewati area tulang rusuknya. Saat kucing tidak terlalu gemuk, seharusnya Furriends bisa merasakan tulang rusuknya dengan jarimu. Jika kamu tidak merasakannya, ada kemungkinan ia kelebihan berat badan.
  • Saat melihatnya dari atas, seharusnya Furriends bisa melihat lekukan, atau pinggang antara area tulang rusuk dan panggulnya. Kamu tidak akan melihat lekukan ini di kucing yang terlalu gemuk akibat lemak yang menumpuk di area perut dan pinggulnya.
  • Perhatikan kucingmu dari sisi samping. Jika beratnya normal, bagian bawah dari area perut hingga ke arah kaki depan seharusnya berbentuk cekung ke arah atas. Jika cembung ke bawah, khususnya di bagian perut, kemungkinan besar kucingmu obesitas.

Furriends juga bisa melihat chart ini untuk mengetahui bentuk tubuh kucing yang ideal secara visual :

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kucing kesayanganmu memiliki berat badan yang normal adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Selain itu, Furriends juga bisa konsultasi seputar pemberian nutrisi dan cara lebih lanjut untuk menjaga berat badannya. Terlepas dari normal atau tidaknya berat badan kucingmu, kamu bisa melakukan hal-hal ini untuk tetap menjaga berat badannya:

  • Ajak kucingmu berinteraksi dengan permainan yang mengajaknya untuk bergerak dengan aktif.
  • Saat kamu sedang makan, jaga jarak antara kamu dan si kucing kesayangan sehingga kamu tidak memberikannya makanan yang kamu makan. Makanan yang sebaiknya ia santap hanyalah makanan khusus untuk kucing.
  • Berikan perhatian yang cukup sehingga ia tidak selalu mencari makan saat merasa bosan.
  • Ingatkan orang di sekitarmu untuk tidak memberikannya makanan secara sembarangan. Makanan yang Ia makan hanyalah yang diletakkan di bowl-nya sendiri.

Berikut beberapa tips agar kamu dapat menjaga berat badan kucing kesayanganmu tetap ideal. Jangan lupa selalu berikan variasi dry food dan wet food FRISKIES ya, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing kesayanganmu. Yuk, jaga berat badan dan kesehatan si kucing kesayangan!

Baca juga : Complete meals dari FRISKIES, nutrisi lengkap dan lezat untuk kucing kesayangan!