Mengapa Kucing Pemilih terhadap Makanan?

Rate artikel ini
0 Votes
Mengapa Kucing Pemilih terhadap Makanan?

Apakah  kamu termasuk yang sering memanjakan kucing dengan memberinya makanan dari meja makan? Jika ya, jangan mengeluh jika kucingmu sering menolak menyantap makanan kucing yang kamu sediakan.

Tentu repot bila kucing terbiasa makan enak sama dengan pemiliknya. Sekali dua kali, mungkin mereka masih lahap menyantap makanannya sendiri. Namun begitu keseringan, bisa-bisa mereka mogok total makan makanan kucing.

“Kasihan” dan “sekali-sekali” adalah alasan yang sering digunakan oleh pemilik yang sering memberi makan kucingnya makanan manusia. Jangan salah, kucing pandai ‘memanipulasi’ lho! Mereka memasang muka memelas  atau menjalankan aksi ‘mogok makan’ dengan harapan kita yang melihatnya merasa kasihan, lalu memberinya makanan manusia karena khawatir mereka jatuh sakit. Padahal, sikap itu justru membuat kucing semakin jauh dari kebiasaannya, yakni makan makanan kucing. Jika setiap tidak makan kita justru menghadiahi mereka dengan makanan manusia, tentu mereka semakin senang bukan?

Kamu bisa menghindari hal tersebut dengan bersikap tegas. Yakin saja kalau makanan kucing adalah yang terbaik untuk kucingmu. Yang selanjutnya mesti kamu lakukan adalah stick to the routines! Jangan mengganti merk makanan, menambah atau mengurangi porsi, mengubah jam makan, atau memindahkan lokasi makan. Tetap beri makan seperti biasa. Sebagai awal, beri makanan kucing yang basah untuk memancing rasa laparnya. Aroma makanan basah lebih menggiurkan bagi kucing. Hangatkan sebentar agar aromanya lebih keluar. Buang sisa makanan basah yang tersisa dan cuci bersih wadahnya.

Untuk menghindari godaan memberi makanan manusia, usahakan untuk tidak makan dekat kucing. Jangan sampai tatapan atau suara mengeongnya membuatmu goyah dan membagi makanan dari piring makanmu. Pastikan pula kucing-kucingmu tidak mendekati meja makan, apalagi sampai naik ke atasnya. ‘Hukuman ringan’ seperti mencipratkan air bisa membuat mereka menyadari bahwa itu tidak diperbolehkan. Sebaliknya, penghargaan seperti mengusap kepala saat kucingmu makan makanannya sendiri juga bisa diterapkan. Dengan rutinitas terjadwal dan sikap tegas, niscaya kucing-kucingmu akan kembali lahap menyantap makanan kucing.

Kalau kucingmu masih tidak mau makan makanannya sendiri padahal kamu sudah mencoba segala cara, perhatikan perilakunya. Perubahan perilaku yang mengkhawatirkan secara tiba-tiba seperti lemas, diare, atau muntah-muntah, kemungkinan besar pencernaannya terganggu. Namun jangan menunggu lama, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa, karena bisa jadi kucingmu mengidap penyakit yang lebih serius.

 

Baca juga : Tips menyajikan makanan kucing