Ketahui Gejala Demam pada si Puss

Rate artikel ini
0 Votes
Ketahui Gejala Demam pada si Puss

Si puss yang biasanya aktif mendadak berubah menjadi pendiam? Ini tandanya kamu harus waspada, Furriends! Banyak hal yang menyebabkan si Puss menjadi pendiam, salah satunya karena terkena demam. Gejala demam pada si Puss juga disebut sebagai Pyrexia, yang ditandai dengan meningginya suhu tubuh dari biasanya. Umumnya gejala ini muncul karena tubuh si Puss sedang melawan penyakit.

Suhu tubuh normal si Puss berkisar antara 37,7-39,1°C. Jika indikator termometer menunjukkan kenaikan di atas suhu normal tersebut, maka kamu perlu waspada, Furriends. Ada beberapa faktor yang menyebabkan si Puss terserang demam, di antaranya peradangan, infeksi jamur, alergi obat, dan terserang virus. Naiknya suhu badan si Puss memang dapat membantu fungsi kekebalan tubuhnya. Namun bila hal ini dibiarkan, maka juga bisa berdampak pada kerusakan otak si Puss kesayangan. Untuk mencegahnya, Furriends bisa simak beberapa tips berikut ini.

1. Memberikan air minum

Ketika demam menyerang si Puss kesayangan, tubuhnya akan dehidrasi sehingga si Puss membutuhkan cukup banyak air. Hal ini juga cara paling mudah untuk mengatasi demam tanpa menggunakan obat.

2. Mendinginkan suhu tubuh

Selain dengan memberikan minum, membawa si Puss ke tempat sejuk juga dapat menjadi alternatif lain tanpa memberikan obat. Furriends, dapat membawanya ke ruangan ber-AC, atau mengarahkan kipas angin ke tubuhnya.

3. Memilih obat anti demam yang aman

Jangan pernah memberikan obat penurun demam untuk manusia kepada si Puss, karena akan sangat membahayakan. Banyak pilihan obat yang bisa Furriends berikan ketika si Puss terserang demam, dan jangan lupa berikan dosis obat yang sesuai dengan berat tubuhnya yah!

4. Berikan suplemen energi dan vitamin B

Selain obat, Furriends dapat memberikan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan si Puss. Ketika sedang tidak sehat, biasanya si Puss akan susah makan. Jika dibiarkan terus, kondisinya akan semakin memburuk. Jadi, sangat penting memberikan suplemen makanan atau vitamin demi kesehatan si Puss.

Demikian gejala serta cara yang dapat kita lakukan jika si Puss terserang demam. Semoga si Puss selalu dalam kondisi sehat ya, Furriends!

 

Baca juga : Tanda-tanda si Puss demam