Kenapa Ya, Si Kucing Kesayangan Jadi Malas Makan?

Rate artikel ini
0 Votes
Kenapa Ya, Si Kucing Kesayangan Jadi Malas Makan?

Kucing kesayangan mendadak malas makan? Ia yang biasanya sangat aktif kini terlihat lesu dan malas-malasan menghabiskan makanannya? Kira-kira ini disebabkan oleh apa, ya? Yuk, ketahui dulu beberapa penyebab hal ini sehingga kamu bisa segera menanganinya, Furriends.

 

Sakit

Ini adalah salah satu alasan paling umum jika kucing mendadak malas makan. Berbagai macam gangguan kesehatan khususnya masalah pencernaan sering jadi faktor utama hilangnya nafsu makan kucing. Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat si Puss malas makan adalah konsultasi ke dokter hewan untuk mengetahui apakah ada penyakit serius yang menganggunya.

Vaksinasi

Si kucing kesayangan baru divaksin? Vaksinasi memang sangat penting bagi hewan peliharaaan, namun memang ada beberapa efek samping dari vaksin yang mengakibatkan kucing kehilangan nafsu makan. Ini bukan masalah serius kok, Furriends dan akan kembali normal dalam beberapa hari.

Mabuk Perjalanan

Kucing juga bisa mabuk perjalanan, lho. Jadi jika Furriends baru saja membawanya saat perjalanan jauh menggunakan mobil dan kendaraan lainnya, perasaan mual akan menurunkan nafsu makan kucing.

Masalah psikologis

Jika dokter hewan sudah menentukan tidak ada masalah fisik pada kucingmu, masalah psikologis seperti depresi bisa jadi salah satu faktor terganggunya pola makan si kucing kesayangan. Perubahan lingkungan seperti tempat atau orang-orang baru di rumah bisa juga mempengaruhi kesehatan psikologis seekor kucing.

Faktor makanan

Beberapa makanan seperti makanan sisa yang tak diolah dengan benar seperti daging dan ikan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan akibat bakteri dan faktor lainnya. Berbagai kucing punya alergi dan makanan kesukaanya masing-masing. Belum lagi makanan sumber protein juga memilki dosis vitamin berlebih  yang terkadang bisa menimbulkan masalah pada kesehatan kucing.

Hal paling baik yang bisa kamu lakukan adalah mulai transisi menu makanan kucing kesayanganmu pada produk makanan yang dapat memenuhi nutrisinya. FRISKIES dengan berbagai pilihan dry food, wet food dan juga treats lezat bisa jadi solusi tepat untuk mengatasi kucing yang sangat pemilih soal makanan.

Jika si kucing sudah terbiasa dengan makanan sisa, lakukan transisi ke cat food secara perlahan. Tambah rasio antara makanan lama dan baru secara perlahan dan berkala sehingga si kucing kesayangan terbiasa dengan pergantian makanan. Berikan juga wet food 4 kali dalam seminggu untuk menggugah selera makannya.

Selamat mencoba, Furriends!

 

Baca juga : Vaksin itu penting untuk kucing kesayanganmu!