Kenapa Sih Kucing Suka Meringkuk?

Rate artikel ini
0 Votes
Kenapa Sih Kucing Suka Meringkuk?

Pastinya Furriends pernah melihat kan, tingkah unik kucing yang satu ini? Bagi cat owner, kelakuan si Puss kesayangan yang suka meringkuk di dalam kotak kardus, lemari, atau wadah sempit lainnya adalah hal yang lucu untuk disimak. Namun, pasti tak sedikit Furriends yang penasaran, kenapa sih kucing suka melakukan ini? Memangnya tidur di tempat sempit sambil menekukkan badan akan terasa nyaman? Yuk, cari tau lebih lanjut!


Pada dasarnya, kebiasaan ini adalah naluri turun-temurun setiap kucing. Di alam liar, kucing bukan hanya menjadi pemburu, tapi juga mangsa yang diincar predator yang lebih kuat. Nah, naluri untuk mencari tempat sempit ini adalah salah satu cara si Puss untuk bersembunyi. Saat beristirahat, kucing akan mencari tempat yang kecil serta sukar ditemukan sehingga pemburu tidak bisa melukainya saat tidur. Berada di tempat yang sempit juga memudahkan si Puss untuk tetap mengawasi sekitarnya.

Bagaimana dengan kebiasaanya untuk meringkuk? Nah, ini juga jadi sistem keamanan kucing. Saat meringkuk, si Puss melindungi organ-organ vital yang dapat terluka jika ia diserang secara mendadak. Posisi ini juga memudahkan si Puss untuk melompat dengan cepat jika bahaya mengancamnya.

Nah, kan rumahmu bukan alam liar, tak ada pemburu yang memangsa si Puss, apakah ini pertanda bahwa keamanannya terganggu? Gak kok, Furriends! Buat beberapa kucing, cara beristirahat seperti ini memang sangat nyaman serta membuatnya tetap hangat. Sekarang kamu mengerti kan, alasan di balik tingkah unik si Puss yang satu ini?