Kenapa Kucing Harus Mandi?

Rate artikel ini
0 Votes
Kenapa Kucing Harus Mandi?

Pada dasarnya kucing adalah hewan yang takut dengan air dan tidak suka dimandikan, karena itu Furriends harus melatih si kucing kesayangan agar ‘terbiasa’ dengan air. Tapi faktanya, kucing juga termasuk hewan yang bersih, karena kucing rajin menjilati tubuhnya sendiri saat merasa ada kotoran yang menempel. Untuk beberapa kasus, kucing bisa terserang penyakit karena kotoran yang menumpuk, terutama di bagian mata, telinga, dan kakinya. Oleh karena itu, sebagai owner, Furriends harus benar-benar memperhatikan kebersihan kucing kesayanganmu.

Memandikan kucing adalah salah satu bentuk kasih sayang yang bisa Furriends berikan untuknya. Dengan memandikan kucingmu berarti Furriends merawatnya dengan baik, apalagi untuk kucing yang punya bulu panjang, lebat, dan tebal. Memandikan kucing berguna untuk mencegah datangnya jamur, kutu, hairball serta menjaga bulunya tetap bersih, halus, dan wangi. Selain untuk kesehatan dan penampilan, memandikan kucing secara rutin juga akan memperkuat ikatan batin Furriends dan si kucing kesayangan.

Kucing harus ‘berkenalan’ dengan proses mandi sejak dini, di saat saat usianya sudah cukup. Biasanya, kucing sudah bisa mulai dibersihkan saat usianya lebih dari 8 minggu. Jika sudah terbiasa, maka selanjutnya proses memandikan kucing kesayangan akan lebih mudah dan ia pun biasanya akan menjadi lebih penurut.

 

Berapa kali kucing harus dimandikan?

Kucing yang mempunyai bulu panjang dan lebat dianjurkan untuk mandi setidaknya 1 kali dalam 1 bulan. Namun, kita harus melihat juga kegiatan sehari-harinya. Jika kucingmu lebih banyak berada di luar rumah, tentunya bulu akan lebih cepat kotor daripada kucing yang lebih sering berada di dalam rumah. Sebagian Cat Lovers ada yang memandikan kucingnya 2 minggu sekali, untuk menghindari bulu yang kotor dan mengundang kutu. Biasanya kucing dimandikan di rumah. Kegiatan memandikan kucing kesayangan juga bisa Furriends manfaatkan untuk menambah keakraban dengannya sekaligus jadi momen yang fun.

Jika bulunya bersih dan panjangnya sesuai, kucing akan merasa hangat dan kesehatannya akan terjaga. Selain mandi, agar proses grooming kucing lebih lengkap lengkap, jangan lupa untuk rutin menggunting kukunya, menyisir bulunya, dan yang paling penting periksakan ke vet secara rutin.

 

Baca juga : Tips Memandikan Kucing Kesayanganmu