Kenali Perbedaan Kucing Jantan & Betina

Rate artikel ini
0 Votes
Kenali Perbedaan Kucing Jantan & Betina

Fakta pertama adalah kucing jantan lebih agresif dibandingkan dengan kucing betina. Hal ini disebabkan oleh tingginya produksi hormon testosteron pada kucing jantan. Sebagai contoh, kucing jantan akan lebih mudah terpancing untuk berkelahi dengan kucing jantan lainnya. Untuk menekan sifat agresif ini, banyak kucing peliharaan di negara-negara maju mensterilkan kucing jantannya. Sedangkan kucing betina lebih bersifat tenang, namun naluri keibuannya membuatnya akan jadi lebih “waspada” saat merasa terancam terutama saat merasa anak-anaknya yang baru lahir akan diganggu.

Perbedaan selanjutnya adalah soal daerah kekuasaan atau teritori. Kucing jantan memiliki kebiasaan untuk menentukan luas dan menandai daerah kekuasaan mereka. Biasanya si kucing akan menandai wilayahnya dengan melakukan spraying yaitu menandainya dengan urin. Yang perlu diperhatikan adalah spraying ini tidak hanya dilakukan di luar rumah, tapi juga di dalam rumah. Kucing betina tidak ‘mempersoalkan’ masalah teritori. Mereka lebih fleksibel untuk tinggal atau bertandang ke sebuah tempat.

Sifat lain dari kucing jantan adalah gemar berpetualang keluar dari lingkungan rumahnya. Biasanya ada dua hal yang jadi tujuan utama mereka. Yang pertama adalah mencari makanan lain selain yang ada di rumah. Berbeda dengan kucing betina, mereka jarang sekali mencari makan di luar apabila makanan sudah tersedia di rumah. Yang kedua adalah kucing jantan akan mencoba mencari kucing betina lainnya yang bisa menarik dirinya. Dalam hal kesetiaan pada pasangan, kucing jantan punya nilai minus untuk hal ini. Mereka senang mendekati kucing betina lain, dan akan menganggap kucing jantan lain sebagai pesaingnya.

Untuk pola makan, kucing betina biasanya akan mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit tapi sering. Sedangkan kucing jantan biasanya membutuhkan porsi yang besar untuk waktu makannya. Tapi untuk kandungan nutrisi, baik kucing jantan dan betina, tetap sama saja untuk diperhatikan yah. Utamakan makanan yang sehat untuk kesehariannya.

Ingin bermain-main? Kucing jantan adalah jenis yang aktif dan hampir tidak bisa diam. Kamu bisa memancingnya sedikit dengan mainan, misalnya gulungan benang yang bisa kamu tarik. Berbeda dengan kucing betina yang agak cuek dan kalem, mereka hanya mau bermain pada saat-saat tertentu saja.

Nah, bagaimana perilaku kucing kesayangan Cat Lovers?

 

Baca juga : Sedang berkelahi atau bermain? Ini cara membedakannya!