Kenali Mata Si Kucing yang Memikat!

Rate artikel ini
0 Votes
Kenali Mata Si Kucing yang Memikat!

Mata adalah salah satu bagian kucing yang paling memikat dan juga sarana komunikasi penting untuk menyampaikan keingiannya. Melalui tatapan imut yang dipancarkan matanya, kita seolah akan menuruti apapun permnintaannya.

Karena itu, kesehatan mata kucing juga harus dijaga agar ia tetap aktif dan sehat saat Furriends mengajaknya berinteraksi. Nah sebelum merawatnya, kamu perlu tahu dong, mata kucing yang sehat itu bekerja seperti apa sih? Yuk, kenali lebih dalam!

Layaknya manusia, mata yang sehat dapat sekilas dilihat dari iris dan pupil yang bening, tidak berkabut atau buram. Tahukah Furriends kalau pupil atau bagian tengah yang berwarna hitam pada bola mata si Puss berbentuk vertikal panjang layaknya bola mata reptil? Ini karena kucing adalah hewan nocturnal atau lebih aktif di malam hari. Dengan jenis matanya, kucing dapat melihat dengan baik meski dalam pencahayaan yang redup. Nah, saat di kondisi cahaya terang, pupil tersebut akan semakin menyempit untuk melindungi retina si Puss yang sangat sensitif akan cahaya, ini kenapa pupil kucing terlihat panjang vertikal.

Selain dapat melihat dengan baik dalam gelap, mata kucing dapat melihat sesuatu di kejauhan 50% lebih jelas dibandingkan mata manusia. Kamu sering mendapati si kucing secara tiba-tiba berlari seolah mengejar sesuatu? Mata kucing bisa menangkap gerakan yang bahkan tak bisa kita tangkap, jadi mungkin ia memang melihat sesuatu yang luput dari penglihatanmu, Furriends.

Kucing yang bermata sehat juga dapat kamu amati dari sikap awas dan siaga ketika penglihatannya menangkap gerakan-gerakan baru. Pandangannya akan fokus ke satu titik ketika ia melihat sesuatu yang amat menarik perhatiannya. Sering latih pandangan si kucing kesayangan ya dengan benda atau mainan-mainan yang menarik.

Sebaliknya, terkadang kucing tidak dapat melihat sesuatu yang sangat dekat dengan baik. Jarak ideal pandangan kucing adalah 2 meter di depannya, jadi ketika memberi makan atau mencoba menarik perhatiannya dengan mainan, mulai dari jarak ini sehingga Furriends bisa mengalihkan perhatiannya dengan baik.

Nah, kalau kamu mendapati keanehan diluar dari hal-hal yang disebutkan diatas, segera konsultasikan dengan dokter hewanmu ya, Furriends. Selamat bermain bareng si kucing kesayangan!

 

Baca juga : Kedipan tanda sayang si kucing!