Kenali Gejala dan Penyebab Cacingan Pada Kucing

Rate artikel ini
0 Votes
Kenali Gejala dan Penyebab Cacingan Pada Kucing

Tahu nggak, Furriends? Cacingan adalah salah satu penyakit yang umum ditemukan pada kucing. Jika kasusnya ringan mungkin gejalanya tak terlihat, tapi jika kasusnya berat gejala cacingan pada kucing akan mudah kamu ketahui kok. Selain merugikan kucing, beberapa spesies cacing ternyata juga bisa menular ke manusia! Hii, serem ya? Makanya, yuk kenali gejala cacingan pada kucing.

 

1. Berat Badan Turun dan Perut Buncit

 

Nafsu makan kucing kesayangan bagus, tapi kok ia tampak kurus ya? Hati-hati, bisa jadi ia sedang terserang cacingan. Apalagi kalau perutnya tampak membuncit. Biasanya perut kucing yang terkena cacingan akan membesar karena adanya pembengkakan.

2. Bulu Kusam dan Kasar

Perubahan kondisi bulu juga bisa jadi pertanda cacingan pada kucing lho, Furriends. Jika biasanya bulu kucing kesayangan tampak berkilau dan halus, saat terkena cacingan bulunya akan berubah menjadi kusam dan kasar. Hal ini karena cacing yang menginfeksi kucing menyebabkan dehidrasi dan mengganggu penyerapan nutrisi.

3. Kebiasaan Buang Air Besar Berubah

Coba deh perhatikan kebiasaan buang air besar kucing kesayangan. Apakah ada yang berubah? Cacingan bisa menyebabkan perubahan kebiasaan buang air besar karena adanya gangguan sistem pencernaan. Jika hal ini terjadi pada kucing kesayangan, apalagi jika sampai diare, kamu perlu waspada nih, Furriends!

4. Terdapat Cacing Pada Kotorannya

Nah, ini dia gejala yang paling jelas. Jika sampai terdapat cacing pada kotoran kucing, bisa dipastikan kucing kesayangan terkena cacingan. Segera bawa kucing kesayangan ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan.


Baca juga:

 


Selain mengenali gejala cacingan pada kucing, kamu juga perlu mengetahui penyebabnya ya, Furriends. Cacingan pada kucing biasanya terjadi karena ada telur cacing yang termakan. Telur ini kemudian menetas menjadi cacing dewasa dan menyebabkan infeksi di dalam usus kucing. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya :

 

1. Telur Cacing pada Kutu

 

Kamu pasti sering kan melihat kucing kesayangan menjilati tubuhnya? Nah, telur cacing ternyata bisa lho menempel pada kutu dan tidak sengaja termakan saat ia menjilati tubuhnya.

2. Lingkungan yang Kotor

Lingkungan yang dimaksud bukan hanya sebatas kandang dan tempat tidurnya saja, Furriends. Kutu kucing yang terdapat pada karpet atau bagian rumahmu yang lain juga bisa menjadi ‘kendaraan’ bagi telur cacing untuk masuk ke tubuh kucing, lho!

3. Makanan yang Tidak Higienis

Hal utama yang pasti masuk ke dalam perut kucing adalah makanan. Makanya, menjaga kehigienisan makanan kucing itu penting, Furriends! Terutama buat kamu yang gemar memberikan olahan makanan rumahan untuk kucing kesayangan, karena telur cacing sangat mungkin terdapat pada daging mentah, ikan mentah dan ayam mentah. Pastikan apa yang dimakan oleh kucing kesayangan higienis agar kucing kesayangan terhindar dari cacingan. Nggak mau repot? Berikan saja kucing kesayangan Complete Meals Dari FRISKIES, Nutrisi Lengkap dan Lezat Untuk Kucing Kesayangan!

Nah, sekarang sudah tahu kan gejala dan penyebab cacingan pada kucing? Semoga dengan begitu kamu bisa menjaga kucing kesayangan agar terhindar dari cacingan ya, Furriends!