Indahnya mata si kucing kesayangan!

Rate artikel ini
0 Votes
Indahnya mata si kucing kesayangan!

Kamu pasti sudah mengetahui kalau mata mereka bersinar dalam gelap. Namun sebenarnya, mereka bukan dapat melihat dalam gelap melainkan dapat melihat dalam keadaan cahaya minim. Banyak juga yang percaya bahwa dengan matanya, kucing dapat melihat makhluk tak kasat mata, yang sebenarnya adalah benda kecil yang tidak tertangkap mata manusia. Nah, untuk lebih tahu banyak mengenai mata indah si kucing kesayangan, berikut penjelasannya:

1. Kucing dapat melihat dengan baik dalam cahaya yang minim
Kucing dapat melihat dengan baik dengan hanya seperenam cahaya dari yang kita butuhkan. Hal ini disebabkan karena dua faktor penting. Pertama, kucing memiliki lebih banyak batang pada retina dari yang kita miliki, yang berarti mereka dapat mendeteksi lebih banyak cahaya lebih dari kemampuan manusia. Kedua, kucing memiliki lapisan jaringan di belakang mata yang disebut tapetum lucidum, yang berfungsi memantulkan cahaya di dalam mata dan memungkinkan kucing memiliki beberapa kesempatan lain untuk “melihat”. Tapetum lucidum ini juga yang membuat mata kucing ‘ bersinar dalam gelap .

2 . Kucing pemilih warna
Kucing memiliki kerucut retina yang jauh lebih sedikit daripada manusia dan kerucut yang mereka miliki tidak terkonsentrasi sebagaimana yang ada di mata manusia. Para ilmuwan percaya bahwa kucing melihat warna biru dan kuning dengan cukup baik, tetapi mereka tidak bisa membedakan antara warna merah dan hijau. Pada umumnya kucing melihat warna dalam intensitas yang lebih rendah daripada manusia. Pupilnya yang tajam dan bercelah mengalami perubahan ukuran dalam merespon cahaya dengan jauh lebih cepat daripada pupil manusia.

3. Kucing yang tidak melihat sedetail penglihatan manusia
Ini bukan berarti bahwa mata si kucing rabun, tapi karena keseimbangan batang dan kerucut tidak memungkinkan untuk detail penglihatan yang baik. Karena kucing memiliki lebih banyak batang dan kerucut lebih sedikit daripada yang kita miliki, mereka tidak melihat hal-hal seperti daun di pohon atau tulisan dalam buku-buku sebagaimana yang kita lihat. Penelitian pun membuktikan bahwa kucing mengidap rabun dekat karena lensa pada mata kucing tidak berubah bentuk untuk mengimbangi fokus close up. Penglihatan terbaik mereka ada pada jarak setengah sampai satu meter.

4 . Pupil mata yang vertical
Kucing dan hewan lain yang aktif di siang dan malam memiliki pupil berbentuk seperti celah vertikal. Bentuknya memungkinkan pupil untuk mengubah ukuran jauh lebih cepat daripada pupil bulat seperti yang kita miliki. Semakin kecil pupil , semakin sedikit cahaya masuk sehingga kucing tidak rentan terbutakan oleh perubahan cahaya yang mendadak. Vertikal pupil ini juga memberikan keuntungan ketika kucing berburu mangsa di alam untuk berkamuflase dan mengamati pergerakan calon buruannya.

5. Warna mata kucing yang indah
Warna mata diturunkan secara genetik. Semua kitten dilahirkan dengan mata biru. Perubahan warna akan terjadi ketika mereka berusia beberapa minggu. Kebanyakan mata kucing berwarna kuning atau hijau. Mata biru biasanya hanya ditemukan pada kucing putih dan kucing siam. Namun kucing putih dengan mata biru biasanya tuli, hal ini sebabkan gen mata biru dan gen bulu putih milik si kucing. Kucing putih dengan mata odd-eyes (sebelah biru, sebelah kuning) hanya biasanya tuli di telinga pada sisi yang sama dengan mata biru.

Nah, itu dia Furriends fakta keindahan mata kucing. Sekarang percaya kan kalau mata si kucing kesayangan memang istimewa? Apa pun keadaannya, pastinya kamu akan tetap menyayangi kucing milikmu ya, Furriends. Begitu juga FRISKIES yang hadir untuk memenuhi nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh kucing kesayanganmu, Furriends!

 

Baca juga : Kenali mata si kucing yang memikat!