Halo, Aku Kucing Baru di Rumahmu!

Rate artikel ini
0 Votes
Halo, Aku Kucing Baru di Rumahmu!

"Miaw..", pasti senang ya saat kucing baru datang ke rumahmu. Meski begitu, jangan terburu-buru mengajaknya bermain dulu. Kucing butuh waktu untuk beradaptasi dengan rumah barunya. Jika proses adaptasi tidak berjalan dengan baik, ia bisa saja menjadi stress, tidak mau makan, bahkan menggigiti ekornya sendiri. Nah, untuk memudahkanmu mengenalkan si penghuni baru dengan rumah barunya, yuk simak tips berikut ini.

1. Beri waktu untuk beradaptasi

Setibanya di rumah, jangan paksa ia untuk keluar dari kandangnya, letakkan kandang dan biarkan ia mengenali rumah barunya perlahan-lahan. Beberapa kucing hanya memerlukan 2-4 hari untuk beradaptasi, tapi ada pula yang memakan waktu lebih dari seminggu.

2. Siapkan ruangan yang nyaman

Kucing adalah hewan teritorial, ia suka memiliki tempatnya sendiri. Agar ia merasa nyaman, sebaiknya siapkan satu ruangan khusus untuknya. Sediakan juga benda-benda yang membuatnya nyaman seperti makanan, minuman, tempat tidur, mainan, dan tempat buang air.

3. Jejak Catnip

Supaya kucing mau menjelajah rumah barunya, cara yang satu ini bisa kamu coba: Buat jejak dari kamar menuju ruangan-ruangan lain menggunakan catnip. Ini akan mendorong kucing untuk mengikuti jejak tersebut dan menjelajah tiap ruangan. Setelah ia selesai menjelajah, jangan lupa untuk membersihkan aroma catnip ya.

4. Teman Baru

Jika di rumahmu ada kucing lain, sebaiknya tunggu setidaknya 7 hari sebelum kamu mengenalkannya. Setelah itu biarkan mereka saling mengenali aroma masing-masing dengan saling mengendus atau menukar tempat tidur mereka. Saat mereka tampak bersitegang satu sama lain, jangan langsung dipisahkan karena ini adalah proses mereka menandai wilayahnya. Perhatikan gerak-gerik mereka dari jauh untuk memastikan mereka tidak saling melukai. Kunci dari mengenalkan kucing adalah kesabaran. Jadi, jangan mudah menyerah ya!

Begitulah kira-kira tips yang bisa kamu gunakan untuk si penghuni barumu. Pastikan pintu dan jendela rumah tertutup rapat selama kucing beradaptasi dengan rumah barunya. Perkenalkan ia dengan lingkungan luar rumah setelah 3 minggu atau setelah ia nyaman di rumah barunya. Semoga berhasil!