Fakta baik konsumsi makanan basah untuk kucingmu

Rate artikel ini
2 Votes
Fakta baik konsumsi makanan basah untuk kucingmu

Cat lovers, pasti banyak yang tahu kan jenis makanan untuk kucingmu? Yup, dry food dan wet food. Banyak review dan penjelasan tentang jenis makanan untuk kucing, terutama kelebihan masing-masing dari dry food atau wet food. Kali ini, yuk kita akan membahas kelebihan-kelebihan yang ada pada wet food.

Keunggulan wet food  atau makanan basah yang pertama adalah mengandung cukup air yang bisa menghindarkan kucing dari dehidrasi. Jadi, selain asupan makanannya terpenuhi, si kucing juga akan merasa segar dengan kandungan air yang telah dikonsumsinya. Selain itu, kandungan air pada wet food menjaga aroma dan rasa makanan tetap lezat. Tips dari Friskies, saat menyediakan dry food  atau makanan kering, sertakan air minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Saat kucingmu mulai bosan dengan menu yang ‘itu-itu saja’, kembalikan nafsu makanannya dengan wet food.

Sebagai perbandingannya, banyaknya air yang harus diminum kucing menyesuaikan dengan jenis makanan yang dikonsumsi, berat badan, serta musim atau cuaca. Kucing yang hanya memakan dry food butuh minum yang jauh lebih banyak daripada kucing yang makan wet food. Dry food hanya mengandung sekitar +/- 10 % air, sedangkan wet food +/- 80 % air.

Keunggulan lainnya dari wet food adalah sebagai pengingat bahwa kucing adalah  hewan karnivora. Kebiasaan mereka untuk mengonsumsi daging adalah naluri alami yang mereka miliki. Dengan menyajikan wet food, bisa juga menjadi simulasi untuk mereka pada naluri alaminya. Tidak seperti manusia dan anjing, kucing tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup hanya dengan mengkonsumsi protein nabati seperti biji-bijian dan sayuran, mereka akan kekurangan enzim tertentu dari makanan yang mengandung protein nabati metabolik.

Wet food memiliki tingkat kesegaran dalam waktu singkat. Ada beberapa pemilik kucing yang biasa memberikan dry food dan meninggalkan kucingnya tanpa perlu takut makanannya tidak segar, dan memberikan porsi yang banyak saat mereka pergi keluar. Memberikan wet food berarti meningkatkan juga disiplin owner dalam memberikan makanan untuk kucingnya, agar memerhatikan kapan dan berapa banyak makanan yang perlu diberikan.

Tapi, pada dasarnya hal yang baik sekalipun akan tidak baik saat berlebihan. Tetap berikan variasi dalam makanannya dan perhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kamu bisa konsultasi dengan Vet yang ada di kotamu dan periksa secara rutin kondisi kucingmu dengan pola makan yang kamu jadwalkan.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan dan nutrisi kucing kesayanganmu, kamu bisa percayakan pada FRISKIES. Yuk sediakan menu yang sesuai untuk kucingmu dan temukan makanan favoritnya  di sini.

 

Baca juga : Kucingmu kegemukan? Yuk bantu mereka menurunkan berat badan!