Cara Mudah Merawat Kesehatan Telinga Kucing

Rate artikel ini
0 Votes
Cara Mudah Merawat Kesehatan Telinga Kucing

Furriends bisa memulai proses pembersihan telinga dengan memeriksa bagian dalam telinga kucing kamu, jika memang butuh untuk dibersihkan. Pegang bagian atas telinga, lalu balikkan daun telinganya dengan lembut sampai Furriends bisa melihat bagian dalam telingnya. Usahakan Furriends memeriksa telinganya di ruangan dengan pencahayaan yang memadai.

Proses pembersihan telinga akan berjalan tenang apabila kucing dalam keadaan yang tenang pula. Jadi, pastikan kucing keayangan dalam keadaan kenyang, tidak kaget, dan ruangan yang digunakan tidak berisik atau menimbulkan suara yang bisa mengagetkannya.

Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti cotton bud yang tebal, kapas, dan tisu. Bersihkan lubang telinga dengan menggunakan cotton bud secara hati-hati. Usahakan tidak memasukkan cotton bud terlalu dalam karena bisa melukai telinganya. Secara perlahan ambil kotorannya dan lakukan hingga lubang kucing tidak terlihat hitam lagi. Kemudian bersihkan bagian dalam daun telinga dengan menggunakan kapas. Setelah telinga bersih, kamu bisa berikan obat tetes cair untuk menghilangkan kutu kuping yang mungkin saja ada di dalam telinganya (pastikan obat telinga didapat dari vet).

Lakukan pembersihan telinga secara rutin, misalnya seminggu sekali, agar telinga kucingmu tidak tersumbat oleh kotoran dan tidak mengundang kutu. Dengan menjaga kebersihan telinga kucingmu, berarti Furriends juga menjaga kesehatannya. Telinga yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan gatal yang jika dibiarkan akan membuat kucing menggaruk-garuk telinganya sampai terluka dan menjadi infeksi. Jika si puss sudah mengalami infeksi di telinganya, segera bawa ke vet terdekat ya, Furriends.

Baca juga : Cara memotong kuku kucing