Cara Merawat Kucing dengan Memilih Mainan Yang Tepat

Rate artikel ini
0 Votes
Cara Merawat Kucing dengan Memilih Mainan Yang Tepat

Salah satu cara merawat kucing adalah menyediakan waktu dan fasilitas bermain karena bermain merupakan aktivitas penting bagi kucing. Memilih jenis permainan yang tepat bisa menjauhkan mereka dari stres sekaligus melatih kemampuan motoriknya.

Kucing memiliki energi besar yang perlu disalurkan lewat berbagai aktivitas secara rutin. Untuk itu, penting bagi para cat lover untuk mengetahui cara merawat kucing yang baik, yakni tak hanya menciptakan lingkungan yang nyaman untuk ditinggali, namun juga memenuhi hasrat bermain mereka. Kamu pun bisa terlibat aktif dalam sesi bermain ini. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis permainan yang bisa kamu pilih untuk kucing kesayanganmu.

Menyalurkan Insting Berburu

Contoh : Bola, tikus-tikusan, laser, mainan yang diikat dengan tali

Terlahir sebagai pemburu sejati, kucing senang mengejar sesuatu yang bergerak – baik benda mati, atau hewan sungguhan sekalipun. Mainan yang paling populer adalah bola (dibuat sederhana menggunakan kertas yang diremas, bola berbulu warna-warni, atau bola gemerincing), tikus-tikusan yang bisa digerakkan oleh baterai, dan laser. Kamu perlu ekstra hati-hati saat memilih mainan laser. Pilih yang sinarnya aman bagi kucingmu. Jangan sampai yang awalnya ingin merawat kucing dengan mengajaknya bermain, justru berujung celaka.

Meningkatkan pengawasan sekaligus mengasah kuku

Contoh : Kardus, kantong plastik, rumah-rumahan, cat tower

Menyediakan fasilitas bermain yang memadai adalah salah satu cara merawat kucing agar mereka terhindar dari stres. Selain senang berburu, kucing juga senang bersembunyi sambil mengintai “buruannya”. Banyak benda yang bisa kamu tempat persembunyian mereka. Mulai dari yang paling sederhana dan murah seperti kantong plastik dan kardus, sampai yang memerlukan budget khusus seperti rumah-rumahan atau cat tower.

Hobi mereka yang lain adalah mengawasi. Itu sebabnya kucing senang nangkring di tempat tinggi, seperti atas lemari, mobil, bahkan pintu. Dengan berada di tempat tinggi, kucing dapat melihat dengan jelas dan merasa lebih berkuasa atas wilayahnya. Cat tower adalah mainan yang tepat. Ia juga bisa sekaligus mengasah kukunya karena biasanya cat tower dilengkapi dengan scratching post pada tiang-tiangnya. Dengan adanya cat tower, kamu tidak perlu khawatir lagi pajangan-pajangan kesayanganmu akan jatuh tersenggol saat kucing-kucing asyik bertengger di atas lemari.

Melatih ketangkasan

Contoh : mainan berisi cat treat, boneka berisi catnip

Cat treat dan catnip bisa kamu manfaatkan sebagai sarana merawat kucing lewat permainan dan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya, kucing-kucing harus melakukan aktivitas tertentu sebelum dapat menikmati cat treat yang tersimpan di dalamnya.

Sedikit berbeda dengan catnip, “mainan” herbal ini bisa membantu kucingmu yang pasif menjadi aktif. Kamu bisa menaburkannya langsung di lantai atau menggunakan boneka berisi catnip. Jika kamu memiliki beberapa kucing di rumah, sebaiknya berikan catnip secara terpisah agar tidak berkelahi. Jika kucingmu kerap mengasah kukunya di sofa, sebagai pancingan, taburi scratching post dengan catnip, dan ulangi sesekali sampai ia terbiasa. Perhatikan porsi dan frekuensi catnip yang diberikan, jangan terlalu banyak dan terlalu sering.

 

Baca juga : Cara mudah merawat kesehatan telinga kucing