Cara Merawat Kucing Dengan 7 Peralatan Grooming

Rate artikel ini
0 Votes
Cara Merawat Kucing Dengan 7 Peralatan Grooming

Grooming lebih dari sekadar memandikan. Setidaknya ada tujuh peralatan grooming yang wajib kamu miliki agar ritual grooming kucing kesayanganmu lengkap. Berikut daftar lengkapnya.

 

Sampo sesuai kebutuhan

Cara merawat kucing yang utama saat grooming ialah memperhatikan kesehatan kulit dan bulunya. Gunakan sampo khusus, jangan menggunakan sampo manusia karena formulanya berbeda dengan yang dibutuhkan oleh kucing kesayanganmu. Pilih sampo yang sesuai kebutuhan kucingmu, misalnya bulu panjang, bulu putih, antikutu, dsb.

Cairan pembersih telinga

Bagian dalam telinga kucing merupakan area sensitif. Untuk itu, hindari menggunakan peralatan tajam yang dapat melukainya. Cairan pembersih telinga berguna untuk meluruhkan kotoran yang menempel. Mereknya beragam. Kamu bisa tanya dokter hewan perihal merek yang ia rekomendasikan. Untuk mengangkat kotoran-kotoran yang telah luruh, gunakan kapas halus. Cotton bud berisiko melukai telinga kucing jika kamu tidak hati-hati saat melakukannya.

Sisir sikat

Sisir sikat yang dipakai untuk grooming kucing ada banyak macamnya dan biasanya disesuaikan dengan jenis bulu hewan peliharaanmu. Cara merawat kucing berbulu pendek salah satunya ialah dengan menggunakan sisir sikat bergigi pendek. Jenis ini cocok untuk mengangkat kotoran dan bulu-bulu mati. Sementara untuk kucing berbulu panjang dan lebat, gunakan sisir sikat bergigi panjang.

Sisir sikat dengan ujung berbentuk kotak bisa digunakan untuk membersihkan area tubuh yang luas. Sementara yang ujungnya berbentuk segitiga cocok untuk menjangkau area-area yang lebih sempit, seperti wajah dan sekitarnya. Sikat gigi anak-anak yang lebih halus juga bisa dijadikan alternatif untuk membersihkan area-area sensitif.

Sisir serit

Sisir serit digunakan untuk mengangkat bulu-bulu mati yang lepas saat disisir menggunakan sisir sikat. Jika kucingmu berbulu pendek, pilih sisir serit bergigi rapat, sementara kucing berbulu panjang dan lebat lebih cocok menggunakan sisir serit bergigi renggang untuk meminimalisir bulu menyangkut saat disisir.

Pemotong kuku

Memotong kuku adalah salah satu cara merawat kucing agar tetap bersih sehat. Meskipun sudah ada scratching post di rumah, memotong kuku-kukunya secara berkala juga penting. Pemotong kuku atau nail trimmer khusus hewan banyak dijual di pet shop. Bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti tang dengan mata pisau bergerak vertikal, namun ada pula yang menyerupai gunting biasa dengan mata pisau melengkung. Perhatikan saat memotong kuku, jangan sampai mengenai bagian dagingnya, yakni bagian berwarna merah muda. Namun jika kamu tidak sengaja dan menyebabkan pendarahan, balut dengan kapas hingga pendarahan berhenti. Kamu juga bisa menaburkan tepung jagung sebagai pengganti bedak styptic yang biasa digunakan oleh para groomer untuk mengentikan pendarahan pada hewan saat pemotongan kuku.

Handuk lembut

Pilih handuk berbahan lembut dan berdaya serap tinggi. Handuk yang kasar berpotensi menyakiti kucingmu, terutama jika kulit mereka tergolong sensitif. Tidak perlu membeli handuk yang mahal, handuk bayi bisa digunakan sebagai alternatif.

Blower

Alat grooming terakhir yang kamu butuhkan ialah blower untuk mengeringkan bulu kucing setelah dimandikan. Blower khusus hewan kini sudah banyak tersedia, namun harganya memang cenderung lebih mahal. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan pengering rambut yang memiliki mode dingin (cool). Pengering rambut biasa tingkat panasnya dapat membahayakan kucing kesayanganmu.