Cara Merawat Anak Kucing dengan Bermain

Rate artikel ini
0 Votes
Cara Merawat Anak Kucing dengan Bermain

Punya anak kucing di rumah? Berikut lima cara merawat kucing dengan bermain yang bisa kamu lakukan:

 

Mengejar Buruan

Gunakan mainan sebagai hewan buruan. Pilih yang bisa diikat dengan tali supaya mudah kamu seret di lantai seolah-olah mangsa yang kabur dari kejaran pemangsanya. Anak kucingmu akan mengeluarkan perilaku alamiahnya, yakni memantau, mengendap-endap, lalu mengejar dan menyergap. Tak perlu khawatir anak kucing akan menjadi ganas bila diajak bermain seperti ini. Kucing pada dasarnya adalah pemburu sejati. Permainan ini justru bisa melatih insting berburunya sekaligus meningkatkan kecepatan dan ketangkasannya. Agar tidak cepat bosan, simpan mainan di tempat yang tidak terlihat oleh anak kucingmu.

Catnip

Catnip merupakan ‘mainan’ spesial bagi kucing. Aslinya, catnip merupakan jenis tumbuhan mint dari genus Nepeta. Catnip merupakan stimulan ideal bagi kucing-kucing yang perilakunya pasif. Dalam hal ini, pasif berarti cenderung malas.

Taburkan sedikit catnip dalam mainan sebelum diberikan kepada kucingmu. Jika tak mau repot, beli saja mainan yang sudah mengandung catnip. Kucing-kucing akan otomatis langsung menikmati efek yang ditimbulkan. Biasanya mereka akan menggeliat dan berguling-guling di lantai sambil mengendus sumber catnip. Setelahnya, kucing akan menjadi lebih atraktif.

Memberikan catnip juga termasuk cara merawat kucing yang biasa dilakukan oleh pecinta kucing. Khususnya sebagai terapi kucing yang susah makan. Salah satu efek catnip yang kerap dirasakan adalah meningkatkan nafsu makan.

Lempar tangkap

Permainan lempar tangkap merupakan andalan para pecinta hewan. Seperti anjing, kucing juga senang mengejar benda bergerak, biasanya bola, karena bisa menggelinding sempurna dan gerakannya menyerupai hewan buruan. Agar lebih menarik perhatiannya, pilih yang warnanya terang dan memiliki bunyi-bunyian.

Bermain dengan makanan

Makanan merupakan umpan yang efektif agar kucing mau bermain. Gunakan mainan-mainan yang sekaligus dapat menyimpan makanan kucing, misalnya puzzle feeder. Mainan ini dapat mengasah hasrat berburu, sehingga kucingmu akan aktif bergerak demi mendapatkan makanan. Tapi hati-hati, jangan sampai permainan ini mengganggu pola makan dan asupan nutrisinya.

Jalan santai

Siapa bilang cuma anjing yang bisa diajak jalan-jalan? Dengan sedikit latihan, kucing juga bisa diajak jalan-jalan menggunakan tali kekang atau harness. Aktivitas ini dianjurkan sebagai cara merawat kucing yang baik.  Selain mendapatkan udara segar dan pemandangan baru, kucing-kucingmu juga menjadi aktif bergerak. Meskipun memakai tali kekang atau harness, kamu harus tetap waspada dan jangan lengah. Perhatikan gerak-geriknya. Kucing bisa tiba-tiba lari mengejar sesuatu yang termasuk dalam daftar buruannya, seperti kecoak, burung, atau tikus.

 

Baca juga : Memberikan makanan untuk kitten pendatang baru di rumah!