Buat Kucingmu Merasa Nyaman Sebelum Mandi

Rate artikel ini
0 Votes
Buat Kucingmu Merasa Nyaman Sebelum Mandi

Secara umum, kucing bukanlah hewan yang senang dengan air dan memandikannya bisa jadi kegiatan yang amat menjengkelkan buat si kucing dan juga untukmu, Furriends!

Kucing adalah hewan yang peduli akan kebersihan tubuhnya, ini bisa dilihat dari kebiasaan kucing menjilati bagian-bagian tubuh yang ia anggap kotor dan mandi bukanlah hal yang natural buat kucingmu. Tapi terkadang, memandikannya jadi sebuah keharusan. Contohnya ketika si kucing sangat kotor, ada kotoran lengket yang menempel di bulunya atau perlunya pemakaian sampo yang berhubungan dengan kesehatannya.

Kali ini, yuk  cari tahu cara yang efektif mempersiapkan kusing kesayanganmu sebelum mandi. Sehingga nantinya ritual mandi bisa dilakukan tanpa kendala atau setidaknya mengurangi ketidaknyamanan si kucing.

 

Pilih waktu yang tepat

Saat terbaik untuk mandi adalah ketika kucingmu kelihatan tenang atau lelah setelah bermain seharian. Pastikan kucing kesayangan tidak sedang hiperaktif dan penuh energi ya, karena kegiatan mandi akan lebih effortless ketika si kucing tidak memberontak dengan sekuat tenaga. Gunakan juga baju lengan panjang untuk mengurangi luka cakaran yang mungkin terjadi padamu.

Memotong kuku

Seperti yang Furriends tau, mandi bukanlah hal yang menyenangkan bagi sebagian besar kucing. Akibat rasa panik, kucing yang merasa ketakutan bisa melukaimu secara serius. Ada baiknya kamu memotong kuku si kucing terlebih dahulu untuk meminimalisir luka cakar yang mungkin ia sebabkan. Untuk mengetahui cara memotong kuku yang benar, yuk baca artikel ini!

Menyisir bulu

Menyisir kucing bertujuan untuk meluruskan bulu yang mungkin terlilit, yang bakal lebih susah dan menyakitkan ketika  kucing dalam keadaan basah. Menyisir juga bisa membuat kucing jadi lebih rileks sebelum dimandikan lho, Furriends.

Pengunaan sampo yang tepat

Pastikan kamu menggunakan sampo yang memang ditujukan khusus buat kucing. Sampo manusia ataupun sampo anjing bisa punya efek negatif bagi kesehatan kucing. Memandikannya hanya dengan air jauh lebih baik dibandingkan menggunakan sampo yang bukan ditujukan untuknya.

Persiapan tempat mandi

Bathtub adalah tempat yang ideal untuk memandikan kucing. Letakkan keset kaki berbahan karet di dasar bathub sehingga kucing kesayangan tidak tergelincir dan isi terlebih dahulu bathtub dengan air hangat. Memandikan kucing dengan merendamnya di air akan jauh lebih nyaman dibandingkan menggunakan semprotan atau shower yang dapat membuatnya panik.

Nah setelah semua hal ini dilakukan, kucing kesayangan sudah siap untuk mandi nih, Furriends!  

 

Baca juga : Waktunya mandi!