Bagaimana cara mengetahui kucing yang sedang sakit?

Rate artikel ini
0 Votes
Bagaimana cara mengetahui kucing yang sedang sakit?

Kucing bisa menjadi hewan yang sangat tegar. Kadang sangat sulit mengetahui apakah kucing kesayanganmu sedang merasa sakit atau tidak. Meski sedang kesakitan, kucing akan menyembunyikan rasa sakitnya, ini adalah respon natural agar ia tidak kelihatan lemah bagi hewan-hewan yang lebih kuat. Tidak jarang lho pemilik kucing mendapati hewan kesayangannya sedang sakit serius meskipun ia  terlihat baik-baik saja sebelumnya. Yuk, ketahui tingkah laku kucing lebih dalam sehingga kamu bisa mengetahui dan menanggulangi masalah kesehatankucing dengan benar, Furriends!

Intinya, Furriends harus teliti dengan perubahan kebiasan kucing kesayangan, khususnya pada hal-hal kecil yang gampang terabaikan seperti berikut ini:

B ersembunyi: kucing yang biasanya manja dan aktif mendatangimu kini sering tidak kelihatan dan kamu kerap mendapatinya berdiam di sudut atau di bawah sofa? Nah, ini bisa jadi indikasi yang penting. Namun ini belum tentu pertanda ada sesuatu yang salah, beberapa kucing memang lebih pemalas dari yang lain. Furriends juga harus teliti mememeriksa apakah terjadi perubahan sikap atau si kucing memang lebih pasif dari pada kucing lain.

Menurunnya nafsu makan: kucing kesayangan mulai tidak nafsu makan? Ini bisa terlihat dari bowl makanan yang dulunya selalu habis dengan lahap namun kini sering bersisa. Kucing tidak memliki keinginan diet seperti manusia, jadi jika hal ini terjadi, kemungkinan ada sesuatu yang tidak beres dengan pencernaan ataupun masalah kesehatan lainnya. Coba amati pola makannya ya, Furriends.

Gerak tubuh yang tidak normal: perhatikan bila kucingmu terlihat pincang dan terlihat susah ketika melompat, atau gestur lain yang tidak biasa ia lakukan ketika sedang bersamamu.

Cepat marah: kucing yang biasanya kalem kini bersifat agak agresif kepadamu dan juga hewan atau orang lain di sekitar rumah? Bisa jadi ia bertingkah seperti ini karena menyimpan rasa sakit.

- Keliatan lebih kotor: kucing biasanya akan menjilat bulunya sendiri ketika merasa kotor, sekarang ia keliatan lebih kumal dan malas membersihkan dirinya sendiri? Ini bisa jadi pertanda penurunan kualitas kesehatannya.

 

Segera konsultasikan ke dokter hewan ya, jika kamu mendapati masalah-masalah di atas. Semoga kucing kesayanganmu tetap sehat, aktif, dan menyayangimu, Furriends!

 

Baca juga : Kucing kesayangan alergi? Yuk cari tau penyebabnya!