Awas, Jamur Mengintai Kucingmu!

Rate artikel ini
0 Votes
Awas, Jamur Mengintai Kucingmu!

Sedih rasanya jika melihat lingkaran merah tiba-tiba muncul di kulit kucing kesayangan. Kemungkinan besar kucing terserang jamur atau ada virus ringworm yang menyerang kulitnya. Jamur bisa menyerang kucing kapan saja. Jadi, perlu ada tindakan untuk menyembuhkannya.

 

Apa ciri-ciri kucing yang kulitnya terkena jamur?                         

  • Bulu kucing yang mulai rontok kemudian semakin membotak.

  • Kulit yang menjadi kering.

  • Kulit kering yang terkelupas terlihat seperti sisik. Pada daerah bulu yang rontok, kulit kucing mengalami iritasi sehingga menjadi kemerahan seperti gatal atau terluka.

 

Jamur pada kucing bisa menular pada kucing lainnya, baik di luar atau di dalam rumah saat mereka melakukan kontak fisik. Virus ringworm juga akan menyebar pada kandang, tempat makan, lantai, sisir dan lainnya. Jadi, perhatikan kebersihannya ya Furriends.

 

Apa tindakan pertama untuk kucing yang kulitnya terkena jamur?

Ada beberapa cara yang bisa Furriends lakukan untuk mengurangi dampak ringworm pada kucing. Apabila kamu khawatir tidak bisa mengobatinya, segera bawa kucingmu ke vet terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

  • Potong area bulu yang terkena jamur untuk memudahkan pengobatan. Bulu pada kulit yang terinfeksi jamur biasanya rapuh, sehingga mudah rontok.

  • Mandikan kucing dengan shampo khusus untuk jamur. Saat ini banyak terdapat merek shampo khusus untuk pengobatan jamur yang bisa Furriends dapatkan di pet shop.

  • Kucing harus dikeringkan setelah mandi, karena area lembap akan memicu jamur lebih produktif berkembang. Keringkan kucing sebanyak 2x dengan durasi waktu 15 menit agar hasilnya maksimal.

  • Selain shampoo khusus jamur, ada juga salep atau krim yang mengandung sulfur dan efektif untuk mengobati jamur. Oleskan pada area yang terinfeksi jamur saat proses pengeringan.

Sebelum kucing terserang jamur, ada baiknya Furriends lebih memperhatikan kebersihan lingkungan terdekatnya, mulai dari tempat tidur, kandang, dan area yang menjadi favorit kucing kesayangan. Bersihkan dengan vacuum cleaner agar bulu dan serpihan kulit kering tidak menyebar ke area lain. Jangan lupa, semprot kandang menggunakan desinfektan.

Semoga kucing kesayanganmu di rumah sehat terus yah, Furriends!

 

Baca juga : Tips membuat kucing lebih ceria berada di rumah!