Awal Kesehatan si Puss!

Rate artikel ini
0 Votes
Awal Kesehatan si Puss!

Selain membutuhkan makanan dan vitamin yang berkualitas, hal yang juga perlu diperhatikan dalam perawatan dan kesehatan si Puss adalah kebersihan kandang atau tempat tidurnya. Ternyata kandang atau tempat tidurnya merupakan tempat utama bersarangnya kuman, virus, kutu dan lain sebagainya.

Untuk itu kandang si Puss harus selalu dalam keadaan bersih, dan untuk membersihkannya ternyata tidak boleh sembarangan, Furriends. Kegiatan membersihkan ini harus rutin kamu lakukan agar selain si Puss tetap sehat, lingkungan rumah kita juga tidak berbau. Berikut langkah-langkah membersihkan kandang si Puss agar tetap terjaga kesehatannya.

 

  1. Bersihkan kandang si Puss setiap hari, minimal sehari sekali.

  2. Semprot seluruh bagian kandang dengan air bersih.

  3. Berikan cairan disinfektan pada setiap sisi kandang si Puss, dan sikat hingga bersih.

  4. Bilas dengan air, kemudian keringkan.

  5. Jika si Puss membuang kotoran di daerah kandang, segera bersihkan ya Furriends, karena kotoran yang terlalu lama mengendap akan menimbulkan bau dan mengurangi mood si Puss untuk makan maupun beraktivitas.

  6. Sebaiknya pasir si Puss selalu diganti minimal 2x sehari, karena kotoran si Puss yang terlalu lama mengendap memicu timbulnya virus seperti toxoplasma dan dapat  menyerang Puss kesayangan kita.

  7. Pasir yang terkena kotoran si Puss hendaknya dibuang. Namun bagi pengguna pasir Zeolit atau pasir cuci yang merasa sayang untuk dibuang, sebaiknya pasir itu dicuci setelah dipakai untuk menanggulangi virus yang berpotensi muncul.

  8. Tuangkan disinfektan dan cuci bersih pasir dan kotak pasir si Puss agar kuman yang menempel akan mati, dan si Puss terbebas dari virus.

  9. Jemur pasir dan kotak pasir si Puss di bawah terik matahari hingga kering. Hal ini dilakukan agar sisa kuman yang kebal disinfektan akan mati terkena panas matahari.

  10. Langkah terakhir, Furriends dapat menyemprotkan parfum pengharum ruangan untuk mengatasi bau tidak sedap.

Ingat ya Furriends, kesehatan dan kebersihan kucing itu berasal dari lingkungan yang terjaga juga kebersihannya. Jadi, jangan pernah melewatkan aktivitas membersihkan kandang si Puss kesayangan kita yah :)

 

Baca juga : Vaksin itu penting untuk kusing kesayanganmu!