Apa Arti Pijatan Kucing?

Rate artikel ini
0 Votes
Apa Arti Pijatan Kucing?

" Puk puk"... enaknya dipijat kucing kesayangan. Tapi, kenapa ya kucingmu suka sekali memijat benda atau tubuhmu? Yup, kebiasaan kucing yang satu ini memang menimbulkan pertanyaan sehingga tak sedikit teori yang berusaha menjelaskannya.

Kucing memijat dengan cara menekan telapaknya satu persatu di permukaan benda yang ia inginkan. Para ahli mengatakan gerakan memijat kucing adalah insting alami yang dia bawa sejak masih menyusui pada induknya. Jika diperhatikan, gerakan memijat itu sama dengan gerakan saat mereka melakukan pijatan rangsangan untuk melancarkan aliran susu induknya.

Kucing yang dipisahkan dari induknya sejak masih tahap belum disapih akan lebih sering melakukan pijatan daripada kucing yang disapih saat sudah besar. Mereka melakukan hal itu karena belum puas menyusu induknya. Jadi, perilaku itu terus dibawa sampai mereka dewasa, terkadang ditambah dengan acara ‘ngempeng’ di baju atau bantal.

Selain itu, ada banyak teori yang berusaha menjelaskan mengapa kucing suka memijat meski ia sudah tumbuh dewasa. Pertama, kucing memijat untuk menunjukkan rasa bahagia. Berbeda saat dia merasa terancam atau ketakutan, kucing akan memijat benda atau orang di sekitarnya sebagai tanda sedang senang atau tidak dalam keadaan lapar. Kamu bisa segera mengajaknya bermain saat kucing mulai memijat-mijat dengan cara memainkan kaki-kakinya.

Kedua, kucing memijat untuk menciptakan tempat tidur yang nyaman. Hal ini juga merupakan naluri alami mereka, karena mereka seakan sedang menata rerumputan atau daun-daun kering untuk tidur di alam liar. Kucing yang sedang hamil dan akan melahirkan biasanya juga akan melakukan pijatan pada kain atau bantal alas tidurnya agar lebih nyaman digunakan.

Yang ketiga, kucing memijat benda atau area tertentu untuk menandai miliknya. Ada kelenjar bau pada bagian telapak kaki kucing yang akan mengeluarkan aroma khas dan menempel pada permukaan benda yang dipijat. Jadi, saat kucing memijat kita, itu artinya dia sedang menandai badan kita sebagai ‘miliknya’. Pijatan ini fungsinya sama seperti saat kucing melakukan ‘scratching’ atau cakaran pada benda-benda atau area tertentu. Kucing akan memberi tanda bahwa dialah penguasanya,  dan kucing lain pun akan mengenali dari aroma khas yang dikeluarkan.

Dari ketiga hal tersebut, yang paling penting adalah jangan bentak atau hukum kucingmu saat mereka memijat terlalu keras sehingga menyebabkan luka. Kamu bisa segera gunakan baju yang tebal saat kucing kesayangan berusaha memijatmu, dan rasakan nikmatnya memiliki tukang pijat pribadi yang menggemaskan.