Apa arti gerak gerik kucingmu?

Rate artikel ini
0 Votes
Apa arti gerak gerik kucingmu?

"Kamu lagi apa sih, Puss?"

Sebagai pemilik kucing, kamu pasti penasaran dengan apa yang sedang dirasakan si puss. Apalagi saat si kucing menunjukkan gerak-gerik lucu. Memang sih kucing tidak bisa berbicara langsung kepada pemiliknya, tapi sebenarnya mereka punya cara tersendiri lho untuk menyampaikan perasaannya. Kucing memberi kita 'kode' melalui gerak-geriknya. Mau tahu arti 'kode' si puss? Simak penjelasan di bawah ini ya.

Kode Telinga

Kita mulai dari bagian tubuh kucing yang paling atas. Yup, telinga. Telinga menghadap ke depan menunjukkan rasa nyaman atau keinginan untuk bermain. Saat kucing dalam keadaan waspada atau tertarik dengan sesuatu, telinganya akan mengarah lurus ke atas. Beri ia perhatian saat kamu melihat telinganya menghadap ke belakang, karena itu tanda bahwa si puss merasa cemas. Berhati-hatilah saat telinganya menempel ke bagian belakang kepalanya, ini tanda bahwa ia sedang marah atau agresif!

Kode Ekor

Ekor juga bisa menunjukkan perasaan si kucing. Ekor naik menunjukkan ia sedang senang dan mau diajak bermain, sedangkan ekor turun menunjukkan bahwa ia sedang merasa terancam atau takut. Ada kalanya kucing menggoyangkan ekornya dengan cepat. Tapi hati-hati ya, ini bukan berarti ia sedang senang seperti saat anjing mengibaskan ekornya. Menepuk-nepuk ekor dengan cepat ke tanah adalah tanda kucing tidak ingin diganggu. Bagaimana kalau ia menggoyangkan ekornya dengan lambat? Itu artinya ia sedang berpikir. Wah, kucing bisa galau juga ya.

Kode Mata

Kucing kesayanganmu terlihat sangat lucu saat pupil matanya membesar? Ternyata pupil mata membesar adalah tanda ia sedang terkejut, takut, atau tertarik akan sesuatu. Sebaliknya, pupil mata mengecil menandakan bahwa ia sedang tegang dan agresif. Saat merasa tertantang kucing akan menatap sesuatu dengan tajam, sedangkan saat merasa aman dan nyaman ia akan mengedipkan matanya secara perlahan. Jika ia merasa rileks, kucing akan menutup matanya setengah seperti sedang mengantuk.

Gerak-gerik kucing memang misterius, tapi bukan berarti kita tidak bisa mengetahui perasaannya. Selain menyenangkan, mengetahui perasaan kucing membantu kita memahami dan mencegahnya dari rasa stress akibat terus menerus merasa tidak nyaman lho, Furriends.

 

Baca juga : Tempat tidur yang nyaman untuk kucing kesayangan!