5 Nutrisi Penting Untuk si Kucing Kesayangan!

Rate artikel ini
0 Votes
5 Nutrisi Penting Untuk si Kucing Kesayangan!

Tahukah Furriends kalau kucing merupakan karnivora yang membutuhkan protein sebagai sumber utama nutrisinya? Selain protein, ada 4 nutrisi lainnya yang wajib kamu penuhi karena akan berpengaruh terhadap kondisi tubuhnya agar tetap sehat dan aktif. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya di sini!

 

1. Protein

Ada begitu banyak perbedaan pada setiap jenis protein, masing-masing mengandung kombinasi asam amino yang dibutuhkan untuk menumbuhkan dan membentuk jaringan tubuh. Protein juga adalah sumber energi baik untuk tubuh kucing, lho. Semakin muda umur kucing milikmu, maka semakin banyak protein yang dibutuhkan karena protein akan membuat mereka lebih aktif. Makanan untuk kucing yang kaya akan protein antara lain daging, ikan, telur, susu dan keju.

 

2. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan asupan yang sangat bermanfaat untuk memberikan energi lebih ketika kucing betina yang sedang hamil atau ketika menyusui. Karbohidrat juga sumber serat yang dapat membuat perut kucing kenyang.


3. Lemak

Lemak memberikan sumber utama energi dan terkandung setidaknya 9% dari makanannya. Konsumsi lemak yang berlebihan akan menyebabkan timbunan lemak yang terdapat di bawah lapisan kulit dan membuat mereka malas beraktivitas serta terlihat gemuk. Lemak sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, misalnya saja asam lemak arakidonat dan asam omega 3 yang berfungsi sebagai pelindung kulit dan mencegah bulu kucing rontok, terutama omega 3 yang diperlukan kucing untuk menjaga penampilan mereka. Selain untuk kulit dan bulu, omega 3  juga berfungsi mempercepat pertumbuhan kuku kucing.

 

4. Vitamin

Makanan kucing yang baik harus mengandung cukup vitamin A. Vitamin A adalah bagian penting dari kebutuhan vitamin untu kucing karena kekurangan vitamin A akan menyebabkan rabun senja, masalah kulit dan bulu, serta terhambatnya pertumbuhan .

 

5. Mineral

Makanan kucing yang baik harus mengandung mineral penting seperti kalium, magnesium, seng, kalsium, besi, fosfor dan natrium klorida. Mineral ini membantu kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh kucing kesayanganmu.

 

Demikianlah 5 nutrisi penting yang wajib kamu penuhi untuk menjaga kesehatan kucing kesayanganmu, Furriends. 

 

Baca juga : Kucing kesayanganmu kegemukan? Bantu mereka menurunkan berat badan yuk!